Jumat, 23 Jan 2015 16:38 WIB

Ada Data Penting, Hilangnya Smartphone Bisa Timbulkan Gangguan Kecemasan

- detikHealth
ilustrasi (Foto: thinkstock) ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Keberadaan gadget seperti smartphone atau tablet PC memang sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Namun, jika Anda merasa cemas berlebih saat gadget tersebut hilang, bisa saja Anda mengalami gangguan kecemasan yang disebut Smarthpone-Loss Anxiety Disorder (SLAD).

Studi dari McMaster University, Hamilton, Ontario menemukan seseorang yang kehilangan perangkat komunikasi seperti smartphone bukan hanya kehilangan akses interaksi di media sosial miliknya, melainkan juga khawatir dengan data privasi dan keamanan yang ada di dalam memori tersebut.

"Data tersebut merupakan aset berharga ketika smartphone hilang atau dicuri. Karena di dalam memorinya bisa saja ada kontak bisnis, foto dan video pribadi, catatan, rincian perbankan, data perusahaan, dan data lainnya. Semua data tersebut juga sangat sensitif untuk disalahgunakan pihak ketiga," ucap Zhiling Tu, salah satu peneliti, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (23/1/2015).

Sementara itu, Yufei Yuan dari McMaster University menuturkan, nilai gadget yang hilang umumnya tak seberapa dibandingkan dengan nilai data-data yang hilang. Sayangnya, selama melakukan studi ini, para peneliti hanya menemukan sedikit pengguna smartphone yang melakukan pencegahan hilangnya data bila smartphonenya hilang. Sementara, peserta lainnya justru tidak melakukan langkah itu.

"Padahal untuk menanggulanginya, pengguna smartphone dapat mengontrol dari jarak jauh proses penghapusan seluruh data atau mengunci perangkat itu. Setidaknya, cara ini bisa meminimalisir risiko kehilangan data penting dari gadget yang hilang," ucap Tu.

Menurut ilmuwan, saat ini banyak perusahaan telah menerapkan kebijakan BYOD (Bring-Your-Own-Device). Dengan BYOD, karyawan diberi perangkat sesuai standar perusahaan yang didalamnya telah ditambahkan sistem keamanan sehingga data dalam peranti tersebut bisa dikontrol dari pusat.

Berdasarkan studi dalam International Journal of Mobile Communications, kampanye kesadaran untuk mencegah kecurian smartphone ini perlu diadakan. Tujuannya, untuk meningkatkan kesadaran seseorang atas keamanan barang pribadinya.




(rdn/vit)