Kamis, 29 Jan 2015 19:01 WIB

Jupe Sebut Kanker Seperti Arisan, Siapa Saja Bisa Kena

- detikHealth
Foto: Detikhot
Jakarta - Menjaga pola makan sudah dilakoni. Menjauhi rokok pun sudah dilakukan. Dari riwayat keluarga, tidak ada yang terkena kanker. Namun bukan berarti seseorang lantas benar-benar aman dari kanker. Menurut aktris dan penyanyi, Julia Perez alias Jupe, kanker itu seperti arisan, siapapun bisa terkena.

"Banyak yang bilang saya kena kanker karena azab. Padahal semua orang bisa kena kanker. Kaya arisan saja," celetuk Jupe yang pernah terkena kanker serviks dalam seminar awam bertajuk 'Kanker Bukan di Luar Kemampuan Kita' yang digelar di Kemenkes, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Jupe mengaku dirinya rajin pap smear sebagai upaya deteksi dini kanker serviks. Bahkan dia juga mengaku bukan tipe orang yang suka berganti-ganti pasangan. Sehingga risikonya terkena kanker sebenarnya bisa dibilang kecil.

"Awal mula cek ke dokter, diprediksi stres saja," kata Jupe.

Baca juga: Mengenal Kanker Serviks, Penyakit yang Menggerogoti Kewanitaan Jupe

Namun saat Jupe kembali memeriksakan diri ke dokter, ternyata dia didiagnosis kanker serviks. Kala itu Jupe lantas mendapat banyak saran untuk mencoba aneka pengobatan alternatif. Namun Jupe tidak mau gegabah.

"Nih, ada bilang berobat ke tempat yang di pegang doang langsung sembuh. Saya kan bingung, masa ada yang ngalahin pengobatan-pengobatan dokter," sambung Jupe.

Pemilik nama asli Yuli Rachmawati ini lantas berkonsultasi dengan rekan sesama artis, Ria Irawan, untuk memilih pengobatan yang tepat untuk dirinya. Ria menyarankan agar Jupe ke dokter ahli untuk mengobati kankernya. Akhirnya Jupe memilih untuk berobat ke Singapura.

"Terapi kemarin terakhir tanggal 2 Januari. Efeknya masih berasa kaya sering lupa, berat badan nggak naik dan masih mual tiap pagi," terang Jupe.

Menurut Jupe, dirinya harus menjalani sejumlah prosedur untuk sembuh. Mulai dari pemindahan ovarium, kemoterapi 5 kali, radiasi 33 kali, serta brachitherapy sebanyak 4 kali.

Baca juga: Jupe Paparkan Kisahnya Sembuh dari Kanker Serviks

(vit/vit)