Senin, 09 Feb 2015 20:14 WIB

Berkat Lampu Flash Kamera, Bocah Ini Selamat dari Retinoblastoma

- detikHealth
Jakarta - Orang tua tentu ingin mengenang momen bersama buah hati dengan mendokumentasikan foto balitanya saat masih bayi. Namun, siapa sangka ketika seorang ibu bernama Tina Treadwell memotret anaknya menggunakan flash kamera, Tina melihat sinar tidak normal di mata putranya yang ternyata adalah gejala kanker.

Ya, cahaya yang muncul di mata Taylor Treadwell nyatanya adalah gejala retinoblastoma yang dialami Taylor. Awalnya, Tina berasumsi cahaya tersebut muncul karena flash kamera. Namun, setelah diperiksa dokter mengatakan Taylor memiliki 3 tumor kecil di mata kiri dan tumor yang lebih besar di mata kanannya.

Baca juga: Inilah Jenis Kanker yang Paling Banyak Menyerang Anak-anak

Retinoblastoma merupakan kanker mematikan yang sering terjadi pada anak kecil. Kanker tersebut tumbuh dengan cepat dan bisa dideteksi dini sehingga anak lebih mungkin mendapatkan pengobatan dengan segera dan risiko kehilangan mata pun bisa diminimalisir.

"Tumor yang semakin besar telah merobek retina dan menyebabkan matanya buta. Saat ini, Taylor sudah menjalani kemoterapi selama empat bulan untuk mengecilkan tumor di RS Great Ormond Street," kata Tina, dikutip dari Mirror dan ditulis pada Senin (9/2/2015).

"Taylor kehilangan berat badannya dan menjadi lesu, tetapi pengobatannya telah berhasil. Saya tidak suka melihat kondisinya memburuk, tapi tumor di mata kanannya telah menyusut. Salah satu tumor di mata kirinya tidak lagi aktif. Meski begitu, kanker bisa saja muncul lagi sehingga Taylor harus rutin kontrol ke dokter," imbuh Tina.

Setelah sembuh dari retinoblastoma, Taylor kini menjadi model kampanye yang mensosialisasikan deteksi dini kanker hanya menggunakan kamera smartphone. Ia dan keluarganya dikontrak Childhood Eye Cancer Trust yang menampilkan poster foto close up kedua mata Taylor yang telah dicetak dengan tinta cahaya reflektif.

Baca juga: Mata Anak Seperti Mata Kucing? Waspadai Retinobalstoma

Sehingga, bila orangtua mengambil foto anaknya menggunakan flash kamera dan menemukan sebuah tanda 'cahaya abnormal', diharapkan para orang tua waspada karena hal itu bisa jadi tanda Retinoblastoma.

"Sulit dipercaya bahwa sebuah foto menyelamatkan hidup anak saya, dokter mengatakan bahwa darah telah mengalir ke retina Taylor, jadi mudah-mudahan itu bisa menyelamatkannya dan itu yang saya harapkan. Namun, apapun yang terjadi, ia masih akan menjadi bintang di mata saya," tutup Tina.

(rdn/vit)