Sabtu, 14 Feb 2015 11:02 WIB

Idap Kanker Hati Stadium Lanjut Seperti Alex Komang, Peluang Sembuh Kecil

- detikHealth
Jakarta - Aktor kawakan tanah air Alex Komang meninggal dunia akibat kanker hati stadium lanjut. Ketika kanker hati sudah memasuki tahap stadium lanjut, lantas seberapa besarkah peluang pasien untuk sembuh?

"Kalau sudah stadium lanjut, peluang untuk sembuhnya kecil. Dalam waktu 4 bulan rata-rata pasien meninggal dunia," tutur DR Dr Rino Alvani Gani, SpPD, K-GEH, FINASIM saat dihubungi detikHealth, Sabtu (14/2/2015).

Apalagi, dikatakan Dr Rino, umumnya pasien penyakit hati tidak memiliki gejala apa-apa. Bahkan, ketika sudah timbul kanker sekalipun. Rata-rata, dikatakan Dr Rino gejala tertentu baru muncul saat kondisi lanjut.

"Gejala tertentu yang bisa muncul berupa nyeri di perut dan kuning, tapi sekali lagi itu muncul saat kondisi pasien sudah lebih parah ya. Di awal-awal tidak menimbulkan gejala apa-apa," lanjut dokter berkacamata ini.

Baca juga: Jangan Sepelekan Maag yang Tak Sembuh-sembuh, Bisa Jadi Itu Kanker Hati

Di negara-negara Asia Pasifik, 70 persen penyebab kanker hati adalah hepatitis B, demikian diutarakan Prof dr H Ali Sulaiman, PhD, SpPD, KGEH, FACG. Nah, perjalanan untuk menjadi kanker hati terbilang panjang. Awalnya, virus hepatitis B masuk ke dalam tubuh lalu menimbulkan kerusakan dan merangsang sel-sel beraktivasi.

Sehingga, akan timbul nodul-nodul (tonjolan) pada hati yang jika berlangsung terus menerus bisa menyebabkan sirosis hingga menjadi kanker hati. Selain hepatitis B, penyebab lain kanker hati yakni hepatitis C dan perlemakan hati (fatty liver).

Hingga Agustus 2014, data dari RS Cipto Mangunkusumo dan RS Medistra Jakarta menunjukkan, 60 persen kasus kanker hati terdeteksi pada stadium non-kuratif atau sudah tidak mungkin disembuhkan. Pada kondisi seperti ini, terapi paliatif umumnya lebih banyak menjadi pilihan. Tujuannya menghambat semakin buruk kondisi penyakit dan memperpanjang harapan hidup pasien.

Baca juga: Hepatitis B Bisa Menular Lewat Pisau Cukur dan Berciuman? Ini Kata Dokter



(rdn/rdn)
News Feed