Hati-hati, Makan Makanan Tidak Sehat Juga Bisa Picu Perasaan Sedih <i>Lho</i>

ADVERTISEMENT

Hati-hati, Makan Makanan Tidak Sehat Juga Bisa Picu Perasaan Sedih Lho

- detikHealth
Kamis, 26 Feb 2015 08:32 WIB
ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Sering merasa sedih? Jika sedang tidak ada sesuatu hal yang memengaruhi suasana hati, mungkin asupan makanan yang salah sumbernya. Para ilmuwan mengingatkan bahwa rasa sedih yang dirasakan juga bisa bersumber dari asupan makan yang tidak sehat.

Dikutip dari Daily Mail pada Kamis (26/2/2015), penelitian terbaru menunjukkan biji-bijian sebagai makanan terbaik untuk meningkatkan mood seseorang. Makanan sehat lainnya seperti salmon, beras, buncis, asparagus serta cokelat juga dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Survei yang dilakukan pada 2 ribu responden ini menemukan bahwa sebagian besar orang lebih memilih makan makanan tidak sehat. Mereka lebih memilih junk food sebagai asupan kalorinya sehari-hari, padahal hal itu bisa menjadi pemicu penurunan suasana hati.

Baca juga: Kunci Tubuh Sehat Sampai Tua? Konsumsi Semangkuk Asupan Ini Setiap Hari

Faktanya, makanan sehat seperti kacang dan biji-bijian menunjukkan peningkatan suasana hati seseorang dalam jangka panjang. Sebaliknya, kue, permen maupun cokelat menyenangkan suasana hati hanya dalam jangka pendek.

Ahli gizi Sarah Schenker dan food psychologist Christy Fergusson telah menyusun makanan yang mampu meningkatkan suasana hati seseorang. Susunan daftar makanan tersebut mencakup biji labu, salmon, beras, quinoa, buncis, kelapa, asparagus, bayam dan kacang-kacangan.

"Mengenali jenis makanan Anda memiliki dampak dan manfaat baik secara gizi maupun psikologis. Makanan-makanan tersebut terbukti secara ilmiah meningkatkan keseimbangan suasana hati," ungkap Schenker. Ahli diet klinis tersebut juga memaparkan bahwa tubuh seharusnya menghindari gula dan lemak yang kemudian diganti dengan pilihan makanan yang lebih sehat.

Baca juga: Dimarahi Atasan Juga Bisa Picu Munculnya 'Monday Phobia'

Alasannya, bahan kimia yang ada di dalam makanan-makanan sehat tersebut memiliki sumber hormon yang menyenangkan suasana hati. Menurut Christy, bahan kimia yang ditransfer ke otak dapat menghasilkan suasana hati yang menyenangkan dan membuat tidur lebih pulas. "Bahan kimia rasa bahagia dikenal sebagai neurotransmitter serotonin yang mengatur suasana hati," jelas Fergusson.

(ajg/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT