Di Waktu-waktu Inilah Tingkat Stres dan Keinginan <i>Ngemil</i> Umumnya Tinggi

ADVERTISEMENT

Di Waktu-waktu Inilah Tingkat Stres dan Keinginan Ngemil Umumnya Tinggi

- detikHealth
Senin, 09 Mar 2015 11:59 WIB
Illustrasi: Thinkstock
Jakarta - Kapan biasanya keinginan untuk ngemil seringkali muncul? Malam hari, siang hari, atau menjelang pulang kerja bisa jadi jawaban sebagian besar orang. Meskipun, ada waktu di mana umumnya orang-orang akan merasa lapar dan ingin ngemil.

Menurut studi yang dilakukan peneliti di MD Anderson Cancer Center, seseorang akan lebih rentan lapar dan ingin ngemil ketika stres di sore hari pada hari kerja dan malam hari di akhir pekan.

Tim peneliti yang diketuai asisten profesor ilmu perilaku Susan Schembre, PhD, RD menemukan bahwa stres yang berujung pada keinginan ngemil berada di tingkat paling tinggi di waktu-waktu tersebut. Meskipun, belum diketahui pasti penyebabnya.

Baca juga: Jangan Kalap! Makan Berlebihan di Malam Hari Bisa Pengaruhi Fungsi Otak


"Kami berasumsi di sore hari pada hari kerja, seseorang sudah mencapai fase lelah setelah beraktivitas seharian. Sedangkan di akhir pekan, malam hari bisa menjadi puncak satu hari yang dialami tanpa adanya kesibukan seperti hari kerja," papar Schembre, dikutip dari Men's Health, Senin (9/3/2015).

Ia menambahkan, puncak rasa lelah atau stres saat beraktivitas seharian lumrah dikaitkan dengan keinginan ngemil yang tinggi. Terutama, jika konsumsi makanan tertentu seperti cake atau kudapan gurih bisa membuat hati senang dan menimbulkan rasa nyaman serta bahagia sementara.

Jika memang stres bisa memicu Anda untuk ngemil, Schember mengingatkan baiknya yakinkan lagi apakah Anda benar-benar lapar saat itu. Jika rasa ingin ngemil hanya muncul sebagai respons tubuh untuk menghilangkan stres, lebih baik Anda melakukan kegiatan lain yang bisa mengatasi rasa stres.

"Jika Anda tidak benar-benar lapar, lakukan kegiatan menyenangkan apa yang bisa mengalihkan perhatian Anda dan bisa membebaskan Anda dari stres. Contoh sederhananya meditasi atau menarik napas dalam-dalam. Toh jika terpaksa harus ngemil, pilih camilan yang sehat seperti buah, yoghurt, atau salad sayuran," tutur Schember.

Baca juga: Jana Parengkuan Berbagi Tips Biar Tak Gemuk Meski Sering Makan Kemalaman





(rdn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT