Minggu, 15 Mar 2015 08:35 WIB

Belum Tentu Penyakit Serius, Prostat Juga Bisa Membesar Secara Alami

- detikHealth
ilustrasi: Thinkstock ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Seiring bertambahnya usia beragam keluhan kesehatan bisa muncul. Salah satu keluhan yang umum datang pada pria adalah masalah gangguan saluran kemihnya karena pembesaran kelenjar prostat.

Kelenjar prostat yang terdapat di bawah kandung kemih berfungsi sebagai pabrik pembuat air mani. Seiring bertambahnya usia kelenjar akan membesar dan menekan saluran kencing sehingga mengganggu seperti dijelaskan oleh dr Yudi Amiarno, SpU, dari RS Tarakan.

Pembesaran prostat bisa menyebabkan gejala seperti sulit kencing, selalu terbangun malam untuk kencing, dan kencing yang sulit tuntas. dr Yudi mengatakan penyebab pembesaran tersebut dikarenakan hormon testosteron yang ada dalam tubuh dan sebetulnya normal terjadi.

"Jadi prostat secara alami setelah 40 tahun akan membesar. Bukan karena makanan atau hubungan kelamin. Nah setelah umur 60 tahun setengah populasi pria itu akan mengeluh gangguan prostat," ujar dr Yudi dalam acara seminar kanker prostat di Gubuk Makan Mang Engking oleh Prodia di Serpong, Tangerang, seperti ditulis Minggu (15/3/2015).

Baca juga: Dokter Sarankan Pria di Atas Usia 40 Tahun Cek Kanker Prostat 

Jika prostat sudah tumbuh terlalu besar dan mengganggu, dokter bisa memberikan tindakan. Seseorang akan dipasangkan selang kateter yang membuka paksa saluran kencing dari ujung penis sampai kandung kemih.

Pembesaran prostat ini tak bisa dicegah dan mungkin bisa tak menimbulkan masalah. dr Yudi menjelaskan yang terpenting adalah kemana arah dari pembesaran prostat.

"Dia gak bisa dicegah karena alami tumbuh, seperti rambut uban saja. Kalau tidak ada keluhan ya sudah tak usah diapa-apain. Nah pertumbuhan prostat ini apakah ke luar atau ke dalam menyumbat saluran yang tidak bisa kita kontrol. " tambah dr Yudi.

Untuk mengetahui apakah gangguan saluran urine diakibatkan oleh pembesaran prostat atau penyakit dr Yudi menyarankan agar memeriksakan diri secara teratur antara enam bulan atau setahun sekali.

Baca juga: Ampuh Cegah Gangguan Prostat, Dokter Sarankan Pria Dewasa Rajin Makan Tomat 

(fds/up)
News Feed