Senin, 27 Apr 2015 14:01 WIB

Laporan dari Singapura

Ini Bedanya Pikun karena Lanjut Usia dan Demensia

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Foto: Ilustrasi/Thinkstock Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Singapura - Pikun atau yang dalam istilah medis disebut sebagai memory loss ternyata tak hanya terjadi karena penyakit demensia. Pakar mengatakan pikun juga bisa terjadi karena bertambahnya usia.

Dr Ho King Hee, pakar neurologi dari Gleneagles Hospital Singapore mengatakan pikun atau memory loss memang acap kali terjadi pada lansia. Hal ini terjadi karena semakin bertambahnya umur, maka fungsi kognitif otak akan berkurang sedikit demi sedikit.

"Tapi memory loss yang terjadi karena bertambahnya umur ini berbeda dengan memory loss karena demensia. Pikun karena lanjut usia membuat Anda lupa akan sesuatu hal dan Anda menyadarinya. Sementara demensia memengaruhi fungsi otak yang membuat Anda sulit mengambil keputusan dan terkadang merubah perilaku," ungkap Dr Ho, dalam Annual Scientific Meeting Gleneagles Hospital, di Sheraton Tower, Singapura, dan ditulis pada Senin (27/4/2015).

Lalu bagaimana cara membedakan pikun karena demensia dan karena lanjut usia? Dirangkum dari seminar Dr Ho, berikut beberapa perbedaannya. (Muhamad Reza Sulaiman/Nurvita Indarini)