Selasa, 05 Mei 2015 20:05 WIB

Sulit Tidur? Coba Lakukan Teknik Napas 4-7-8

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Mandi dengan air hangat, minum susu, dan menghitung domba imajinasi adalah cara-cara yang biasanya dilakukan untuk seseorang lebih mudah tertidur. Namun apabila ada yang masih belum bisa tertidur juga, ada cara lain yang mungkin bisa dilakukan yaitu dengan teknik napas 4-7-8.

Metode napas 4-7-8 dikembangkan oleh ahli tidur lulusan Harvard, Dr Andrew Weil, MD. Ia mengaku dengan teknik ini seseorang bisa dengan mudah tertidur tanpa bantuan obat atau alat peraga aneh lainnya.

Baca juga: Teknik Napas 4-7-8, Cara Sederhana untuk Bantu Redakan Nyeri Punggung

"Ini benar-benar mudah dilakukan, tak membutuhkan waktu lama, tak pakai alat-alat, dan dapat dilakukan di mana saja," ujar Andrew seperti dikutip dari kanal Youtubenya, Andrew Weil MD, pada Selasa (5/5/2015).

Untuk melakukan teknik napas 4-7-8 ini pertama-tama duduk atau berbaringlah dengan posisi senyaman mungkin. Letakkan ujung lidah di bagian belakang gigi atas sehingga saat Anda menghembuskan napas akan terdengar suara berderu 'ssh'.

Setelah memastikan suara berderu keluar dari mulut Anda saat bernapas, tutup mulut dan tarik napas pelan lewat hidung selama 4 detik. Kemudian, tahan napas sampai 7 detik. Setelah itu, hembuskan napas perlahan (pastikan ada suara berderu) dan tahan sampai hitungan ke 8.

Lakukan sampai beberapa siklus maka tubuh ia katakan akan terasa semakin rileks. 4-7-8 diklaim sebagai cara yang ampuh karena teknik ini membuat makin banyak oksigen yang masuk ke paru-paru. Oksigen ekstra ini lah yang dikatakan memiliki efek membuat saraf parasimpatik rileks dan membuat perasaan tenang.

Saat stres, sistem saraf bekerja dengan lebih keras sehingga dapat membuat ketidakseimbangan yang berujung pada sulitnya tidur.

"Saya sudah mencobanya dan langsung merasa lebih baik. Saya tadinya mengonsumsi obat untuk OCD (obsessive compulsive disorder) dan rasa cemas. Saya awalnya merasa tak yakin ketika melihat ini. Setelah melakukan satu dari empat set siklus saya merasa jauh lebih baik," ujar salah satu pengguna Youtube.

Baca juga: Tips Sederhana Agar Mata Mudah Terpejam dan Bisa Tidur Nyenyak Malam Ini (Firdaus Anwar/Nurvita Indarini)