Rabu, 10 Jun 2015 11:28 WIB

Wabah MERS di Korsel

2 Kasus <I>Super Spread</I> Memperburuk Wabah MERS di Korsel

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Seoul - Sejumlah pakar kesehatan meragukan kemungkinan MERS (Middle East Respiratory Syndrome) di Korea Selatan akan memicu pandemi global. Namun sejumlah fakta menunjukkan bahwa ancaman wabah MERS di Korea Selatan tidak bisa diremehkan.

"Pada kasus indeks terjadi kasus super spread, lalu kasus secondary di Samsung Medical Center juga menjadi super spread karena menularkan ke lebih dari 8 pasien berikutnya," kata Prof Sun Han Kim, pakar infeksi dari Asan Medical Center, seperti ditulis Rabu (10/6/2015).

Ada beberapa definisi super spread, salah satunya sebagai penularan satu penyakit dari satu kasus indeks ke lebih dari 8 pasien secondary. Pada epidemi SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) tahun 2003, satu pasien bisa menulari hingga 50 pasien lain.

Fakta ini makin mendekatkan tingkat kegawatan wabah MERS kali ini dengan epidemi SARS yang pernah menghebohkan dunia. Namun Prof Kim menyebut kemungkin wabah MERS berkembang seperti SARS sangat kecil karena sifatnya limited airborne, hanya menular melalui kontak yang sangat dekat.

Baca juga: MERS di Korsel Disebut Bukan Ancaman, Tapi Ratusan Sekolah Diliburkan

Soal cara penularan MERS ini pun, diakui oleh Prof Kim masih banyak pertanyaan yang belum terpecahkan. Termasuk jangkauan penularan virus, yang selama ini diyakini antara 5-0 meter. Faktanya, salah satu pasien di Korea Selatan menulari pasien yang dirawat di ruangan yang berbeda di rumah sakit yang sama.

Sementara itu Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul menyampaikan imbauan untuk menghindari pusat keramaian. Wabah MERS kali ini dinilai cukup serius, antara lain karena ada banyak hal yang belum diketahui pasti termasuk cara penularannya.

"Kalau tidak terlalu penting, sebaiknya hindari pusat keramaian untuk sementara waktu," kata Adriansyah Rasul, seorang staf KBRI Seoul Bidang Penerangan, Sosial dan Budaya.

Baca juga: Cegah MERS, Acara Musik di Korea Siap 'Usir' Fans yang Tak Pakai Masker



(up/vit)