Kamis, 27 Agu 2015 08:35 WIB

Hadapi Pedofil, Australia Berencana Kenalkan Hukuman Kastrasi Kimia

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: markus53/Pixabay Foto: markus53/Pixabay
Jakarta - Banyaknya kasus pedofilia yang terjadi mendorong pembuat kebijakan di beberapa daerah di Australia untuk merumuskan hukuman baru sebagai solusi.

Kelompok kerja yang terdiri atas pemerintah, kelompok korban perkosaan, dan otoritas kesehatan yang pertama kali mengeluarkan ide pengebirian atau kastrasi dengan menggunakan obat. Diharapkan senyawa kimia dalam obat dapat menekan libido pelanggar hukum dan menghilangkan hasrat seksualnya.

Pengadilan di Queensland, New South Wales, dan Australia barat dilaporkan akan menjadi daerah yang mengadopsi pola hukuman ini bila disetujui.

"Hukuman ini melengkapi hal lainnya yang sudah kami kerjakan seperti di antaranya memberatkan hukuman untuk berbagai bentuk pelecehan anak. Kami juga menambahkan hakim spesialis dan dukungan untuk korban di pengadilan," ujar Menteri Hukum New South Wales Troy Grant seperti dikutip dari ABC Australia pada Kamis (27/8/2015).

Baca juga: Usulan 'Hukum Kebiri' Bagi Pelaku Kejahatan Seksual

Troy khawatir setelah melihat data statistik yang menunjukkan hampir sekitar 17 persen pelaku pelanggar seksual anak akan berulah lagi dalam jangka waktu dua tahun. Ia ingin melakukan segala cara untuk mengurangi jumlah tersebut.

Menanggapi hal ini, Brett Collin dari lembaga swadaya masyarakat (LSM) Justice Action berkomentar bahwa masalah pedofil lebih kompleks dan tak bisa diselesaikan hanya dengan obat. Ia menekankan bahwa terkadang obat tak efektif menahan libido.

"Isu ini yang lebih luas dari itu... ada masalah personalitas, dan ada juga masalah yang berkaitan dengan kepercayaan diri," kata Brett.

"Mereka harus dihadapi dengan cara yang lebih kompleks," pungkasnya.

Baca juga: Orang Pedofil Bisa Diketahui Lewat Facebook

(fds/up)