Jumat, 11 Sep 2015 13:05 WIB

Bahaya Jarum Pentul Tertelan

Awas Tertelan, Jangan Biasakan Gigit Jarum Pentul Saat Rapikan Kerudung

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Jhoni Hutapea Foto: Jhoni Hutapea
Jakarta -

Kejadian jarum tertelan memang kedengarannya seperti sebuah kejadian serius dan jarang terjadi. Namun kenyataannya dokter telinga hidung dan tenggorok (THT) cukup umum menghadapi masalah ini di tempat praktiknya.

Dr Agus Subagio, SpTHT, dari RS Puri Indah misalnya  mengatakan dirinya bisa melayani satu sampai dua pasien yang tak sengaja menelan jarum dalam sebulan. Hal tersebut ia alami sewaktu masih aktif praktik di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

"Jadi biasanya kalau para wanita yang pakai kerudung kemudian merapikan kerudungnya itu dia mencopot jarum pentul kemudian digigit di mulut, karena kan kedua tangannya sedang merapikan. Itu sering kejadian." kata dr Agus ketika dihubungi detikHealth dan ditulis pada Jumat (11/9/2015).

Baca juga: Hebat! Polisi Ini Berhasil Selamatkan Bocah 2 Tahun yang Telan Uang Logam

"Jadi ketika membuka mulutnya tanpa sengaja karena kaget atau apa maka jarum itu bisa masuk ke dalam mulut terus ke saluran napas atau saluran cerna," lanjutnya.

dr Bagas Wicaksono, SpTHT, dari RSIA Kemang juga mengatakan hal serupa. Memang tak ada penelitian yang menghitung jumlah pasti angka kejadian ini tapi kasusnya bisa ditemui.

"Secara ilmiah belum ada ya penelitian yang menentukan apalagi di negara Indonesia yang menyebutkan 1 di antara 1.000 wanita atau 1 di antara 10.000 wanita atau apa," kata dr Bagas.

"Cuma hal ini sering terjadi terutama di rumah sakit rujukan pusat kaya di RSCM, RS dr sardjito, maupun rujukan pusat lainnya," lanjut dr Bagas.

Efek tertelan jarum untuk kesehatan bisa berbahaya tergantung dari berbagai faktor. Satu hal yang pasti karena jarum adalah benda tajam maka ia berisiko menimbulkan luka di dalam tubuh yang rentan infeksi.

Oleh karena itu secepatnya jarum perlu dikeluarkan agar tak jadi komplikasi serius. Saat ini sudah ada teknik yang bisa digunakan untuk mengeluarkan jarum tanpa diperlukan tindakan bedah besar.

Baca juga: Hati Jadi Rusak Akibat Tak Sengaja Tertelan Tusuk Gigi


(fds/vit)