ADVERTISEMENT

Kamis, 17 Sep 2015 09:30 WIB

Di Balik Derita Cegukan

Cegukan Tak Hilang Setelah Minum Sambil Tahan Napas? Cobalah Trik Ini

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Kerap mengganggu, banyak orang mencoba-coba berbagai cara untuk bisa menghilangkan cegukan. Nah, sebenarnya seperti apa cara yang disarankan oleh dokter untuk menghilangkan cegukan?

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah minum sambil menahan napas. Menurut dr Mahatma Sotya Bawono, SpTHT dari RS Akademik UGM Yogyakarta, metode ini memang bisa digunakan untuk mengatasi cegukan.

Namun jika cara ini tak cukup efektif dan cegukan masih membandel terus muncul, maka metode lain yang dapat digunakan misalnya adalah meningkatkan kadar karbondioksida dalam darah.

"Yakni dengan cara menahan napas selama mungkin, yang diikuti dengan gerakan menelan ketika cegukan muncul. Atau menahan napas selama mungkin yang diikuti hembusan panjang dan ditahan selama mungkin," tutur dokter yang akrab disapa dr Bonnie ini kepada detikHealth, seperti ditulis pada Kamis (16/9/2015).

Selain itu, dapat juga digunakan metode tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut. dr Bonnie menyebutkan trik ini bisa dilakukan beberapa saat hingga cegukan hilang.

Sementara itu, dr Unggul Budihusodo, SpPD, KGEH dari Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) menambahkan bahwa trik lain yang bisa dilakukan adalah minum air yang banyak, kira-kira sepertiga gelas, kalau bisa yang hangat. "Kalau itu tidak mempan, bisa dengan menelan satu sendok makan gula secara langsung," ungkap dr Unggul.

Meskipun ada beberapa cara yang disarankan dokter bisa menghilangkan cegukan, namun biasanya cegukan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa jam.

Sementara itu khusus untuk bayi, dr Bonnie menyebutkan bahwa untuk menghilangkan cegukan maka dapat digunakan metode tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut secara perlahan, yang dilakukan selama beberapa saat. (ajg/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT