Kamis, 17 Sep 2015 13:47 WIB

Pisang Tinggi Potasium, Apakah Seseorang Bisa Overdosis Karenanya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Ryan McGuire
Jakarta - Tokoh terkenal yang diketahui menyebarkan kepercayaan ini adalah seorang komedian bernama Karl Pilkington. Dalam acara bersama komedian lainnya ia menjelaskan bahwa kandungan potasium dalam pisang cukup tinggi sehingga bila seseorang makan lebih dari 6 buah sekaligus hal tersebut bisa membunuhnya.

Ahli diet Catherine Collins dari St George's Hospital, London, berkomentar bahwa potasium sebetulnya penting untuk keberlangsungan hidup dan bisa ditemukan pada setiap sel dalam tubuh.

"Kita menggunakannya untuk membuat aliran listrik yang membantu sel berfungsi dengan baik. Potasium membantu detak jantung normal, memicu insulin pada pankreas yang mengontrol gula darah, dan yang paling penting menjaga tensi," kata Catherine seperti dikutip dari BBC pada Kamis (17/9/2015).

Baca juga: Semua Vitamin Bisa Diserap Tubuh, Jeleknya Bisa Keracunan

Bila kandungan potasium dalam tubuh terlalu rendah atau terlalu tinggi dampaknya detak jantung bisa jadi tak teratur, sakit perut, mual-maul, atau diare. Potasium klorida bahkan salah satu bahan kimia yang digunakan oleh Amerika Serikat (AS) untuk menyuntik mati tahanan karena dosis yang tinggi memicu serangan jantung.

Catherine menegaskan seseorang yang sehat sebetulnya tak perlu khawatir makan pisang karena hampir mustahil bisa overdosis karenanya. Menurut rekomendasi standar di Inggris orang dewasa bahkan disarankan mengonsumsi 3.500 miligram (mg) potasium dalam sehari atau sekitar tujuh lebih setengah pisang.

"Anda perlu makan sekitar 400 pisang dalam sehari agar potasium dalam tubuh mencapai tingkat yang bisa membuat jantung Anda berhenti... Pisang tidak berbahaya, pisang baik untuk Anda," ujar Catherine.

Namun Catherine mengatakan memang ada orang-orang tertentu yang sebaiknya menghindari makanan tinggi potasium. Mereka yang punya penyakit ginjal harus hati-hati karena mungkin saja mineral bisa menumpuk dalam tubuh.

"Pasien-pasien ini fungsi ginjalnya sangat minim sehingga potasium bisa menumpuk karena tak bisa dikeluarkan lewat urine," ujar Catherine mengingat pernah ada pasien cuci darah meninggal karena terlalu banyak makan tomat yang juga tinggi potasium.

Baca juga: Konsumsi Jamur Liar, Wanita Ini Keracunan dan Alami Kegagalan Fungsi Hati (fds/vit)