Senin, 21 Sep 2015 15:07 WIB

Mood Berantakan? Awas, Jangan-jangan Salah Makan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Mood atau suasana hati dipengaruhi banyak hal, termasuk di antaranya makanan. Penelitian ilmiah membuktikan makanan yang sehat bikin orang merasa lebih bahagia.

Diet Mediterrania, yang didominasi oleh sayur dan buah-buahan, sejak lama direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kali ini, para ahli mengaitkannya dengan penurunan risiko depresi.

Penelitian yang dilakukan terhadap 15.000 orang di Spanyol membuktikan bahwa makanan-makanan sehat seperti sayur, buah, ikan, dan minyak zaitun, bisa menekan depresi. Itu artinya jika ingin hidup bahagia, hindari terlalu banyak menu makan tidak sehat seperti daging olahan.

"Ada semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa diet bisa berpengaruh pada kimia otak. Penelitian ini menguatkan ide bahwa kita bisa makan untuk bahagia," kata seorang nutrisionis, Linda Foster, seperti dikutip dari Mirror, Senin (21/9/2015).

Baca juga: Diet Mediterania Diklaim Dapat Kurangi Risiko Kanker Payudara

Keterkaitan antara makanan dengan mood didasaro oleh teori bahwa makanan tertentu bisa mengubah kimia otak. Lebih tepatnya, mengubah konsentrasi hormon serotonin yang disebut juga sebagai hormon senang.

Temuan ini sejalan dengan hasil urvey Food and Mood Project yang dilakukan oleh badan amal untuk kesehatan mental, Mind. Dalam survey tersebut, 90 persen responden mengaku mengalami peningkatan mood setelah mengubah dietnya menjadi lebih sehat.

Baca juga: Selain Bikin Langsing, Diet Ini Diyakini Bantu Pangkas Risiko Kanker Rahim (up/up)