Kamis, 01 Okt 2015 10:33 WIB

Pria Ini Tetap Bertahan Hidup Meski Sekujur Wajah Dimakan Bakteri

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: mirror
Saigon - Beberapa waktu lalu, media Vietnam mengangkat kisah seorang pria yang berjuang untuk bisa hidup meskipun wajahnya nyaris habis dimakan penyakit misterius. Namanya Huynh Van Dat.

Kisah bermula di tahun 2004, di mana Van Dat dilaporkan mengalami mimisan hingga 3-4 kali dalam sehari. Menurut sang istri, Huynh Thi Trieu, awalnya Van Dat mencoba meredakannya dengan minum obat tradisional, tapi kondisinya tak kunjung membaik.

Bukannya pulih, Van Dat mengeluhkan gejala lain seperti matanya yang kerapkali berair. Van Dat lalu memutuskan menemui dokter di Hoa Hoa Hospital, Saigon. Setelah diperiksa, dokter mengatakan bahwa Van Dat mengalami 'deviated nasal septum' atau pergeseran dinding hidung lalu segera melakukan tindakan bedah untuk memperbaikinya.

Baca juga: Jatuh di Kamar Mandi, Wanita Ini Malah Kehilangan Separuh Wajah

Namun setahun berselang, keanehan kembali terjadi. Van Dat merasa tiap kali minum, air yang diteguknya malah tersedot masuk ke dalam hidung. Belakangan ia baru tahu bila ada sebuah lubang di langit-langit mulutnya, yang kemungkinan menjadi jalan masuknya air ke dalam hidungnya.

Bahkan dalam waktu singkat lubang itu terus menganga hingga menyebar ke partisi hidungnya. Dalam keadaan panik, ia kembali ke rumah sakit dan diarahkan untuk operasi sekali lagi. Tapi hal ini juga tak berdampak apapun pada Van Dat.

"Dari yang awalnya menyebabkan lubang saja, penyakit ini lalu memakan seluruh hidung, rahang bagian atas dan juga kedua matanya," ungkap Thi Trieu seperti dikutip dari Mirror, Kamis (1/10/2015).

Tak ada pendarahan sama sekali, lanjut Thi Trieu, namun saat sang suami masih bisa berbicara, Van Dat sempat mengungkapkan bahwa ia menahan rasa sakit yang luar biasa karena kondisinya.

Thi Trieu juga mengutarakan bahwa suaminya sempat berkonsultasi dengan dokter di dua rumah sakit lain, yaitu Pharma University dan Vietnam-France Hospital. Meski dokter dari kedua rumah sakit menyatakan kondisi Van Dat dapat disembuhkan tapi biaya yang dibutuhkan untuk pengobatan berada di luar jangkauan kemampuan finansial pria ini.

Sejak saat itu, keluarga Van Dat berupaya menyembuhkan pria ini hanya dengan menggunakan pengobatan alternatif. Namun sampai detik ini juga, belum ada dokter yang bisa mengungkap penyebab kondisi misterius yang dialami pria berusia 51 tahun itu.

Diduga ia mengalami serangan virus atau bakteri pemakan daging, yang kemudian menggerogoti langit-langit mulut, seluruh hidung, dan juga kedua mata pria malang ini.

Menurut sang istri, saat ini Van Dat hanya bisa terbaring tak berdaya di atas tempat tidurnya dalam keadaan buta dan tak bisa lagi berbicara. Kendati begitu, Thi Trieu mengatakan kondisi mental Van Dat masih sangatlah baik. Ia juga bisa mendengar dan merasakan sesuatu.

Baca juga: Bakteri Pemakan Daging Gerogoti Kaki, Lengan, dan Wajah Pria Ini

Beruntung setelah kisahnya diangkat oleh media setempat, Van Dat akhirnya mendapatkan penanganan dari tim medis terkemuka di negaranya.

(lll/up)