Senin, 05 Okt 2015 14:12 WIB

Pria Tinggi Selalu Beruntung Soal Cinta? Belum Tentu

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: Getty Images
California - Sebuah penelitian terbaru mengungkap, pria-pria bertubuh pendek kerapkali tak beruntung untuk urusan asmara. Hal ini dibuktikan peneliti dengan wawancara yang dilakukan terhadap 60.058 pria dan wanita.

Masing-masing dari mereka diminta mengungkapkan tinggi, berat badan dan berapa banyak pasangan yang mereka miliki selama ini.

Ternyata pria bertubuh tinggi tak selalu memiliki lebih banyak pasangan. Sebab pria bertubuh pendek pun bukannya tidak bisa mempunyai pasangan. Apa buktinya?

Peneliti menemukan hanya pria yang tinggi badannya lebih pendek dari rata-rata yang memiliki pasangan paling sedikit, itu pun sebanyak 5 orang. Sedangkan pria yang tingginya rata-rata dan sangat tinggi hanya dilaporkan memiliki tiga pasangan lebih banyak dari pria dengan tinggi di bawah rata-rata atau sekitar 7 orang.

Ini tentu tidak jauh dari perkiraan semula, karena toh bagi pria dan wanita berusia 30-44 tahun mereka rata-rata mempunyai 8 pasangan sejak pertama kali dinyatakan aktif secara seksual.

"Temuan ini memastikan bahwa tinggi badan itu relevan dengan pasangan yang bisa didapatkan. Namun tinggi badan bukanlah satu-satunya hal yang diperhatikan seorang wanita, karena mereka harus lihat dulu apakah pria ini berpotensi menjadi pasangan seksualnya atau tidak," terang peneliti, Dr David Frederick, seperti dikutip dari jurnal Evolutionary Psychology, Senin (5/10/2015).

Barulah kemudian ia mempertimbangkan tinggi badannya, lanjut Dr Frederick. Kendati begitu, wanita cenderung memilih pria yang relatif lebih tinggi darinya, tapi tidak pernah bisa dijelaskan berapa tinggi standar untuk itu. Hanya saja memang pria yang tingginya di atas rata-rata biasanya memiliki lebih banyak pasangan ketimbang pria yang lebih pendek.

Baca juga: Ukuran Mr P Bikin Istri Tak Nyaman Bercinta? Bicarakan, Jangan Diam Saja

Di sisi lain, Dr Frederick juga menemukan bahwa pria dengan berat badan ideal memiliki lebih banyak pasangan ketimbang yang beratnya di bawah rata-rata. "Bahkan pria yang kelebihan berat badan, nasibnya lebih baik," katanya.

Pakar psikologi dari Chapman University, California itu menduga pandangan wanita tentang pria yang berat badannya di bawah rata-rata adalah mereka sedang mengidap penyakit atau gangguan kesehatan yang serius.

Baca juga: Ingat Ya Para Suami, Mr P Besar Bukan Jaminan Kepuasan Istri di Ranjang

Bicara soal ukuran, pria juga sering mempermasalahkan besar tidaknya kemaluannya di mata istri. Padahal menurut dokter, ukuran penis yang besar tak melulu dapat membahagiakan istri.

Bahkan beberapa waktu lalu, di Nigeria ada seorang perempuan yang menggugat cerai suaminya karena penis suaminya yang terlalu besar. Wanita ini mengaku sejak malam pertama, ia selalu merasa kesakitan hingga trauma melakukan hubungan intim. (lll/up)