Jumat, 09 Okt 2015 20:09 WIB

Ini Alasan Mengapa Melihat Pemandangan Hijau Baik untuk Mata

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Aktivitas yang memerlukan mata untuk fokus jarak dekat seperti membaca buku atau di depan layar elektronik sering dilakukan banyak orang. Bila dilakukan terlalu lama maka hal ini dapat melelahkan otot-otot mata.

Agar mata tetap sehat disarankan oleh dokter agar seseorang beristirahat setiap dua jam melihat layar atau membaca. Alihkan pandangan ke arah pemandangan hijau jauh setidaknya selama 10 menit.

Baca juga: Kacamata Pinhole Bisa Obati Mata Minus dan Plus, Benarkah?

dr Gitalisa Andayani, SpM(K) dari RS Cipto Mangunkusumo Kirana mengatakan ada alasan mengapa melihat pemandangan baik untuk mata. Alasan pertama adalah dengan melihat jarak jauh maka otot-otot mata akan kembali melemas sehingga memberikannya kesempatan untuk beristirahat.

"Kalau kita melihat jarah jauh lebih dari enam meter, 20 meter lah misalnya, mata kita itu rileks enggak lelah otot matanya," kata dr Gitalisa kepada detikHealth dan ditulis pada Jumat (9/10/2015).

Pemandangan hijau menjadi nilai tambah karena warna tersebut relatif lebih nyaman pada mata. Hal ini dikarenakan bila seseorang melihat pemandangan di siang hari yang terik, maka sinar berbahaya yang masuk ke mata bisa tak terlalu besar.

"Hijau-hijau itu sehat karena efek warnanya dia tak memantulkan cahaya yang berbahaya seperti ultraviolet. Dia bisa menyerap jadi enggak mantulin," tutup dr Gitalisa.

Baca juga: Bekerja di Depan Komputer Seharian? Istirahatkan Mata Dengan Cara-cara Ini (fds/up)