Rabu, 14 Okt 2015 17:03 WIB

No Bra Day: Peduli Kanker Payudara, Haruskah dengan Lepas Beha?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: ChinaFotoPress via Getty Images Foto: ChinaFotoPress via Getty Images
Jakarta - Perayaan hari tanpa beha alias No Bra Day baru-baru ini meramaikan jagat maya. Kampanye untuk mengingatkan bahaya kanker payudara ini menuai kritik.

Seorang penulis, Christina Cauterucci termasuk salah seorang perempuan yang mempertanyakan kampanye tersebut. Dalam tulisannya, Cauterucci menyebut kampanye ini sebagai 'flauxiday' alias peringatan yang sia-sia.

"Mendorong perempuan untuk menampilkan dada tanpa beha atas nama awareness tidak akan menyelamatkan siapapun," tulisnya seperti dikutip dari Slate, Rabu (14/10/2015).

Baca juga: Kampanye Kesehatan Payudara, Wanita-wanita Ini Lempar Bra ke Udara

Kekhawatiran Cauterucci terbukti di jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter. Dengan menggunakan tanda pagar #NoBraDay, gambar-gambar perempuan bertelanjang dada bertebaran di mana-mana. Oleh sebagian orang, fenomena ini dinilai membuat penyakit mematikan itu jadi sangat seksual.

Begitu pun di jejaring sosial, dukungan terhadap kampanye 'No Bra Day' di jejaring sosial juga dibarengi dengan pandangan skeptis. Seorang pengguna twitter berpendapat bahwa kampanye #ScheduleAMammogramDay akan lebih membangkitkan awareness tentang kanker payudara.



Terkait penyakit-penyakit mematikan, berbagai kampanye membangkitkan awareness memang tidak selalu mudah dijelaskan. Beberapa waktu lalu, kampanye tentang Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) melalui Ice Bucket Challange juga sangat viral. Selain tokoh-tokoh dunia, beberapa selebriti di Indonesia seperti Irfan Bachdim serta Julia Perez juga ikut melakukannya.

Baca juga: Ice Bucket Challenge: Bahaya Sih Tidak, Tapi Memang Tidak Sehat

Meski tidak secara langsung berhubungan, fenomena Ice Bucket Challange membuat banyak orang tergerak mencari tahu tentang ALS, sebuah penyakit yang sebelumnya kurang begitu populer. No Bra Day boleh jadi punya pesan serupa, memancing orang untuk membicarakan suatu hal yang selama ini ditabukan.

(up/up)
News Feed