ADVERTISEMENT

Minggu, 08 Nov 2015 10:11 WIB

Perbaikan Ekonomi Tingkatkan Angka Pengidap Diabetes di China

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Kenaikan angka pengidap diabetes di China dalam 10 tahun terakhir ternyata berhubungan dengan perbaikan ekonomi. Benarkah?

Sekelompok peneliti dari Shanghai Ninth People's Hospital and Shanghai Jiaotong University School of Medicine mencari tahu apakah ada hubungannya antara bencana kelaparan yang melanda China pada tahun 1959-1962, perbaikan ekonomi, dan risikonya terhadap penyakit diabetes.

Penelitian dilakukan kepada kurang lebih 6.900 orang dewasa, dengan 3.800 di antaranya pernah merasakan bencana kelaparan namun mengalami perbaikan ekonomi saat dewasa. Hasil penelitian menunjukkan memang ada hubungan antara perbaikan ekonomi dengan risiko diabetes seseorang.

Baca juga: Dalam Jangka Panjang, Konsumsi Junk Food Berlebih Picu Sindrom Metabolik

Kelompok yang pernah merasakan kelaparan saat kecil dan kini memiliki ekonomi lebih baik berisiko 82 persen lebih tinggi untuk mengidap diabetes saat dewasa. Bahkan mereka yang saat periode bencana kelaparan masih di dalam kandungan pun berisiko 53 persen mengidap diabetes.

Memiliki tempat tinggal di daerah baik dan mewah meningkatkan risiko diabetes sebesar 46 persen. Kesimpulan penelitian menunjukkan 11,4 persen partisipan mengidap diabetes, 31 persen obesitas dan 40 persen mengidap darah tinggi.

"Partisipan yang mengalami bencana kelaparan pastinya mengalami malnutrisi, dan perbaikan ekonomi beberapa tahun setelah membuat mereka overnutrisi dan meningkatkan risiko terserang diabetes," tutur peneliti utama, Yingli Lu, dikutip dari Reuters, Minggu (8/11/2015).

Lu menjelaskan bahwa ada kemungkinan malnutrisi yang dialami ketika anak-anak mengganggu sistem metabolisme tubuh untuk mengurai gula menjadi energi. Akibatnya ketika ekonomi membaik dan makanan lebih bervariasi, gula yang tak terkonversi menjadi energi menetap di dalam darah.

Baca juga: Akibat Perang, Setengah Juta Anak di Yaman Terancam Kelaparan dan Malnutrisi (mrs/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT