ADVERTISEMENT

Selasa, 10 Nov 2015 18:02 WIB

Ketika Tukang Cukur 'Merayu' Bocah Autis Agar Mau Rambutnya Dipangkas

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Facebook
Wales - Mason, bocah dengan autisme ini akan berteriak setiap tukang potong rambutnya, James Williams menyentuh rambutnya. Apalagi, jika rambut di area atas telinganya disentuh, Mason akan berlari dan kabur. Hal ini pun membuat Williams sempat kewalahan.

Beberapa kali mencoba memotong rambut Mason tapi selalu gagal, akhirnya Williams menemukan cara tersendiri agar Mason tidak kabur lagi saat rambutnya akan dipotong. Dengan sabar, ia berusaha membuat klien kecilnya itu nyaman dengan apa yang ia lakukan. Berhasil, ternyata Mason yang tidak disebutkan umurnya ini mulai tenang ketika ia memainkan smartphonenya sembari tengkurap di lantai.

Foto: Facebook


Tak ingin kehilangan kesempatan, Williams lantas ikut menengkurapkan tubuhnya di lantai. Perlahan tapi pasti, Williams mulai mencukur rambut Mason. Untungnya, bocah itu tetap asyik dengan smartphone-nya hingga ia tak berontak. Berhasil! dalam hitungan beberapa menit, rambut Mason terpangkas dengan rapi.

Baca juga: Di Tempat Ini, Anak-anak Bayar Upah Cukur Rambut dengan Membaca Buku

Dilaporkan Fox 5, 'aksi' William mencukur rambut Mason meski ia harus ikut tengkurap di lantai bersama bocah itu pun ia unggah ke laman Facebook-nya minggu lalu. Tak dinyana, foto tersebut sudah menjadi viral dan mendapat hampir 13.000 like dari pengguna Facebook lainnya.

Dalam laman Facebook-nya, Williams menulis bahwa beberapa bulan lalu Mason didiagnosis Autism Spectrum Disorder (ASD). Orang tua Mason pun berharap Williams bisa mencukur rambut putranya. Hampir sebulan, Williams berusaha menemukan cara bagaimana agar bocah itu tidak lari ketika rambutnya disentuh.

"Akhirnya hari ini saya menemukan caranya. Ya, kami berdua tengkurap di lantai dalam keheningan dan dia membolehkan saya memotong rambutnya. Saya pun berhasil memberikan dia model potongan rambut yang pantas buatnya, untuk pertama kali. Amat bangga rasanya bisa membuat Mason dan kedua orang tuanya bangga dengan memberi ia sedikit perhatian lebih. Di mana caranya saya membangun pertemanan dan kepercayaan dengan Mason," tulis Williams di laman Facebook-nya dan dikutip pada Selasa (10/11/2015).

Foto yang diunggah Williams juga sudah dibagikan lebih dari 3.000 kali dan mendapat komentar dari 1.000 lebih pengguna. Rata-rata pengguna mengapresiasi apa yang dilakukan Williams karena ia rela tengkurap seperti itu demi merapikan rambut bocah dengan autisme.

Baca juga: Si Kecil Takut Potong Rambut

(rdn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT