Jumat, 13 Nov 2015 11:33 WIB

Berapa Lama Seseorang Bisa Bertahan Hidup Tanpa Air?

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Ketika tubuh seseorang kekurangan air maka dirinya akan mengalami dehidrasi dan tergantung dari tingkat keparahannya, fungsi-fungsi organ akan alami gangguan. Oleh karena itu dokter sering menyarankan untuk rutin menjaga asupan air dengan minum sekitar 2 liter lebih setiap hari.

Lalu bagaimana ketika seseorang tersebut terjebak di suatu tempat tanpa akses air? Tubuh tentu harus mencoba bertahan selama beberapa waktu. Berapa lama ia bisa bertahan semua tergantung dari faktor-faktor tertentu.

Professor biologi dari George Washington University, Randall K. Packer, mengatakan dilihat dari apa yang terjadi pada orang sekarat tubuh kemungkinan bisa bertahan satu minggu tanpa air. Akan tetapi perkiraan satu minggu tersebut sebetulnya cukup lama, tiga sampai empat hari disebutnya lebih mungkin.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Rutin Minum Air Putih Baik untuk Tubuh

Terkait hal tersebut, ahli lainnya dr Mike Stroud, pengajar kedokteran dan nutrisi di Southampton University mengatakan faktor seperti lingkungan sekitar dan metabolisme turut memengaruhi. Pada suhu yang dingin dan metabolisme bisa melambat seseorang bahkan bisa bertahan lebih dari seminggu tanpa air dan juga makanan.

Contoh satu kasus yang terjadi pada pendaki gunung dari Jepang, Mitsutaka Uchikoshi, pada tahun 2006. Ia dilaporkan menghilang saat tengah mendaki dan ditemukan 24 hari kemudian dengan kondisi suhu tubuh 22 derajat celcius. Setelah dirawat untuk hipotermia dan beberapa komplikasi ajaibnya Uchikoshi dapat pulih.

"Hal ini bisa terjadi di ambang batas kemungkinan tapi tak sepenuhnya mustahil," kata dr Stroud seperti dikutip dari BBC pada Jumat (13/11/2015).

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur (fds/vit)