Senin, 23 Nov 2015 07:36 WIB

Studi Sebut Wanita dengan Tubuh 'Apel' Lebih Rentan Kena Gangguan Makan

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Banyak penelitian menyebutkan wanita dengan bentuk tubuh apel di mana terdapat lebih banyak lemak di perut, lebih berisiko terkena diabetes atau penyakit jantung. Nah, baru-baru ini, sebuah studi dari Drexel University di Pennsylvania mengaitkan bentuk tubuh wanita dengan kemungkinan gangguan makan.

Untuk studi ini, tim peneliti yang diketuai Laura Berner PhD merekrut hampir 300 wanita muda. Selama dua tahun, peneliti mencatat perubahan body mass index (BMI), jumlah persentase lemak tubuh, dan komposisi tubuh, termasuk di mana saja lemak tersebar di tubuh peserta. Selain itu, peneliti juga mengukur kebiasaan makan dan kondisi mental peserta.

"Kami mengukur bagaimana perasaan mereka tentang tubuhnya dan seberapa sering mereka mengalami kehilangan kontrol makan yang telah dikaitkan dengan berbagai gangguan makan termasuk bulimia nervosa, binge eating, dan beberapa tipe anoreksia," tutur Berner kepada Health dan ditulis pada Senin (22/11/2015).

Baca juga: Selain Penyakit Jantung, Bentuk Tubuh 'Apel' Juga Berisiko Terkena Penyakit Ini

Hasilnya, diketahui bahwa peningkatan satu poin persentase lemak di perut terkait dengan peningkatan risiko kehilangan kontrol makan sebanyak 53 persen. Menariknya, Berner mengatakan komposisi total lemak tubuh tidak memiliki pengaruh apapun. Selain itu, diketahui pula wanita dengan bentuk tubuh apel cenderung merasa tidak lebih puas dengan penampilannya.

Kehilangan kontrol makan bisa terjadi pada wanita dengan bentuk tubuh apel karena mereka merasa tubuhnya buruk. Namun, Berner mengingatkan patut diperhatikan faktor biologis lainnya. Sebab menurut dia, lemak di perut secara biologis adalah lemak yang aktif. Artinya, lemak tidak hanya diam saja di perut tetapi bisa memancarkan hormon yang memengaruhi nafsu makan.

"Kami berharap dengan penelitian ini bisa dipahami hubungan antara lemak perut, citra tubuh, dan hilangnya kontrol terhadap makan yang bisa berakibat pada gangguan makan. Dengan demikian, bagi wanita yang memiliki citra tubuh jelek, gangguan makan yang kemungkinan terjadi bisa ditangani lebih cepat," tutur Berner.

Baca juga: Olahraga yang Pas Berdasarkan Bentuk Tubuh (rdn/vit)