Selasa, 24 Nov 2015 16:30 WIB

Rumus 'Wiro Sableng' untuk Jernihkan Limbah Septic Tank

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: AN Uyung P Foto: AN Uyung P
Jakarta - Septic tank ramah lingkungan di Semper Barat, Cilincing, Jakata Utara sebenarnya merupakan sebuah instalasi pengolah limbah berteknologi biofilter. Tak sulit membuatnya, tapi hasilnya cukup memuaskan.

"Saya nggak puas ini sebenarnya," kata Abie Wiwoho, MSc, konsultan pengolahan limbah dari IPAL Center saat mengamati hasil saringan limbah pada instalasi biofilter di RT 05 RW 04, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara.

Air dalam botol plastik yang dipegangnya memang agak kecokelatan, namun siapa sangka itu adalah hasil saringan limbah septic tank. Menurut Abie, hasil akhir penyaringan melalui 4 tangki seharusnya betul-betul bening seperti yang ditunjukkannya di layar komputer tablet.

Abie menyandingkan 3 botol yang diambilnya dari beberapa tahap penyaringan. Botol paling keruh berasal dari tangki 1 yang masih tercampur limbah padat atau yang disebutnya lumpur, sedangkan limbah paling jernih diambil dari tangki 4 setelah melalui biofilter.

"Untuk filternya kita pakai botol plastik bekas yoghurt yang kecil-kecil, atau bisa juga pakai tempurung. Lalu di atasnya kita kasih jaring supaya tidak hanyut," jelas Abie.

Selain karena penyaringan, limbah septic tank biofilter berubah menjadi jernih karena proses penguraian oleh bakteri aerob dan anaerob yang terjadi di tangki 2 dan 3. "Bakteri-bakteri ini memecah lemak dan sisa-sisa protein menjadi tidak berbau," tambah Abie.

Baca juga: Wah! Ada Septic Tank Ramah Lingkungan di Permukiman Padat Semper Barat 



Rumus 2x1x2

Soal ukuran tangki, Abie yang juga dosen di Poltekes Jakarta II ini memberikan panduan dalam bentuk rumus 2x1x2. Menurutnya, dimensi ideal untuk tangki biofilter adalah 2 bagian untuk panjang, 1 bagian untuk lebar, dan 2 bagian untuk tinggi atau kedalaman.

"Untuk 4 KK (kepala keluarga), dibutuhkan volume 2-2,5 m3. Tinggal dihitung saja panjang kali lebar kali tinggi sesuai rumus tadi. Filternya 80 persen dari volume satu tangki," papar Abie.

Baca juga: Sisi Lain Sampah Jakarta, Ditabung di 'Bank' Agar Tak Bikin Banjir 



Dibandingkan septic tank biasa, IPAL (Instalasi Pengolah Air Limbah) biofilter memang lebih rumit. Namun kelebihannya, limbahnya bisa dialirkan ke lingkungan karena sudah tidak berbau dan bebas dari kontaminasi zat-zat berbahaya.

Sedikitnya ada 2 IPAL biofilter yang telah terpasang di RW 04 Semper Barat, Cilincing. Masing-masing digunakan oleh 8-10 KK. Idealnya memang hanya untuk 4 KK, sehingga hasil penyaringannya tidak sejernih yang diharapkan Ebie. (up/vit)