Selasa, 01 Des 2015 08:01 WIB

Ingin Mood Bagus? Bangun Tidur, Tinggalkan Ranjang dari Sisi Kiri

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: admn
Jakarta - Kualitas tidur sangat menentukan mood atau suasana hati sepanjang hari. Namun ada faktor lain yang jarang diperhatikan, yakni dari sisi mana seseorang beranjak meninggalkan ranjang.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Sealy UK mengungkap bahwa cara seseorang meninggalkan ranjang di pagi hari juga berpengaruh pada mood. Bangun pagi dan meninggalkan ranjang dari sebelah kiri disebut-sebut lebih banyak memberikan manfaat.

"Empat persen lebih mungkin mendapatkan mood baik diu pagi hari, 8 persen lebih menyukai pekerjaannya, 9,5 persen lebih punya outlook positif, dan punya 8 persen lebih banyak teman baik," kata para peneliti, membandingkannya dengan orang-orang yang bangun dan beranjak dari ranjang dari sebelah kanan, seperti dikutip dari Huffingtonpost, Senin (30/11/2015).

Baca juga: Perut Mulas Tiap Habis Sarapan? Bisa Jadi Ini Sebabnya 

Sayangnya, selain margin penelitiannya kecil alasan di balik temuan ini juga tidak diungkap. Para peneliti tidak menginvestigasi apa yang membuat orang-orang punya mood lebih baik hanya karena meninggalkan ranjang dari sebelah kiri.

Yang pasti, untuk memdapatkan mood yang baik maka tidur harus berkualitas. Durasi tidur malam yang disarankan kurang lebih 7 jam hingga 8 jam tanpa terinterupsi.

Survei yang dilakukan terhadap 1.000 warga Inggris tersebut juga mengungkap bahwa 36 pasangan lebih memilih tidur sendirian. Hampir separuh di antaranya beralasan ingin menghindari dengkuran, dan hanya 20 persen yang mengaku sekadar ingin sendiri.

Baca juga: Bangun Siang di Akhir Pekan Tak Lagi Menyenangkan, Ini Sebabnya  (up/up)