Selasa, 08 Des 2015 12:33 WIB

Kompres Es di Tengkuk Ampuh Redakan Migrain? Begini Penjelasan Dokter

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Baru-baru ini, beredar informasi di sosial media Facebook yang menyebut mengompres tengkuk menggunakan es batu bisa membantu meredakan migrain. Lalu, bagaimana tanggapan dokter?

Diungkapkan dr Muhammad Rhadian Arief, SpBS dari RS Medistra, pada prinsipnya migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya saja kurang makan, cape, atau kepanasan. Nah, saat migrain muncul, yang terjadi adalah aliran darah ke otak tidak seimbang, dalam artian aliran darah terlalu cepat atau lambat.

Nah, pria yang akrab disapa dr Andra itu menjelaskan sumber darah di otak berasal dari jantung yang dialirkan melalui pembuluh darah yang terdapat dua buah di bagian depan yakni arteri karotis, dan dua buah di bagian belakang yaitu arteri vertebralis. Saat aliran darah di keempat pembuluh darah tersebut tidak seimbang, maka muncullah migrain.

Baca juga: Jaga Kesehatan Otak dan Redakan Migrain dengan Meditasi

"Kalau dihubungkan bisa jadi dengan mengompres es di tengkuk itu kan menimbulkan sensasi dingin. Nah, efek dingin ini ke pembuluh darah menyebabkan pembuluh darah menyempit," tutur dr Andra saat berbincang dengan detikHealth, Selasa (8/12/2015).

Migrain, lanjut dr Andra, bisa terjadi akibat ketidakseimbangan aliran darah yang terlalu cepat. Dengan menyempitnya pembuluh darah, maka aliran darah melambat hingga migrain bisa terasa lebih reda. Sebab, untuk meredakan migrain pada prinsipnya aliran darah harus lebih ditenangkan.

Maka dari itu, sering dilihat ketika seseorang migrain, selain mengonsumsi obat, yang bersangkutan akan tidur atau berada di ruangan gelap. Upaya tidur dan berada di ruangan gelap dikatakan dr Andra sebagai cara untuk memperlambat detak jantung sehingga aliran darah lebih tenang.

"Prinsipnya melakukan relaksasi sehingga detak jantung lebih tenang dan aliran darah lebih lambat," pungkasnya.

Baca juga: 10 Hal Pemicu Migrain yang Perlu Diketahui


(rdn/up)