2 Cara Alami yang Paling Disarankan untuk Bantu Redakan Migrain

ADVERTISEMENT

2 Cara Alami yang Paling Disarankan untuk Bantu Redakan Migrain

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Selasa, 08 Des 2015 16:31 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Saat migrain menyerang, minum obat bisa jadi keputusan yang diambil banyak orang untuk mengenyahkan salah satu jenis sakit kepala itu. Namun, bukan berarti tidak ada cara alami lain yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan migrain lho.

Seperti penuturan dr Muhammad Rhadian Arief, SpBS dari RS Medistra, ada dua cara alami yang bisa dilakukan untuk meredakan migrain yakni istirahat dan berolahraga. Pria yang akrab disapa dr Andra itu menyarankan, ketika migrain menyerang maka segeralah tidur jika memang memungkinkan.

"Tidur pada prinsipnya untuk menjauhkan seseorang dari aktivitas yang bisa menimbulkan tekanan atau menjadi stresor bagi dia. Dengan tidur, kita menurunkan kerja jantung, sirkulasi darah, dan juga metabolisme tubuh," kata dr Andra saat berbincang dengan detikHealth, Selasa (8/12/2015).

Berapa lama waktu tidur yang dianjurkan? Menurut dr Andra tidak ada patokan, tergantung kebiasaan dan kebutuhan masing-masing orang. Intinya, dengan tidur seseorang bisa terhindar dari aktivitas atau sesuatu yang menimbulkan tekanan baginya. Dengan tidur pun, akan terjadi proses relaksasi sehingga kerja jantung serta aliran darah lebih lambat.

Baca juga: Pesan Dokter Jika Hendak Kompres Tengkuk dengan Es untuk Redakan Migrain

Selain tidur, olahraga juga disarankan untuk meredakan migrain. dr Andra mengatakan, olahraga bisa memicu kerja jantung dan pembuluh darah lebih baik sehingga aliran darah lebih seimbang. Ketika berolahraga, tubuh akan melepas hormon adrenalin yang disebut dr Andra merupakan zat paling efektif untuk membuat tubuh segar kembali.

"Cuma memang halangannya, ketika sedang migrain orang jadi malas ya berolahraga. Sudah pusing kok disuruh olahraga. Tapi kalau orang itu tahu manfaatnya, olahraga juga ampuh untuk meredakan migrain. Nggak usah yang terlalu berat olahraganya, bisa aerobik, berenang, atau jalan kaki saja," tutur dr Andra.

Khusus jalan kaki, lanjut dr Andra bisa dengan mudah dilakukan oleh pekerja kantoran yang terserang migrain ketika mereka bekerja. Selain berolahraga, sekadar berjalan kaki bisa membuat seseorang terhindar dari suasana atau aktivitas yang menjadi stresor baginya, meski hanya sejenak.

Baca juga: Kompres Es di Tengkuk Ampuh Redakan Migrain? Begini Penjelasan Dokter (rdn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT