Selasa, 15 Des 2015 07:11 WIB

Tidak Hanya untuk Rambut, Santan Potensial Menjadi Minuman Kesehatan

Martha HD - detikHealth
Foto: ilustrasi kelapa
Jakarta - Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa santan memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kepala. Namun berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh dr Josh Axe, spesialis gizi di Amerika Serikat, santan mungkin juga menjadi minuman kesehatan.

Di India, The Coconut Development Board (CDB) bahkan sudah siap untuk mempromosikan santan sebagai minuman kesehatan. Dalam minuman kesehatan, air santan akan memiliki berbagai macam rasa.

Air santan dihasilkan dengan cara mengekstraksi pulp dari kelapa matang. Inilah sebabnya mengapa air kelapa sebenarnya baik untuk Anda.

Annie Eapen, pejabat CDB, mengatakan bahwa air santan berasa akan bebas kolestrol. Nilai energinya (per 100 ml) 75 Kcal, dengan total lemak 1-3 persen dan karbohidrat sebanyak 15- 16 persen.

"Setelah Neera (minuman kesehatan yang dihasilkan dengan cara menekan tunas kelapa), santan atau jus akan menjadi anugerah terbesar bagi petani kita sebagai produk-produk. Hal ini memungkinkan mendapat harga yang adil untuk kelapa," tambah Jose seperti dikutip dari India Today, Selasa (15/12/2015).

Baca juga: Penting! Cara-cara Agar Masakan Minang Tak Kehilangan Nutrisi

Santan merupakan cairan berwarna putih susu yang diperoleh dengan cara pengepresan hasil parutan daging kelapa dengan atau tanpa penambahan air. Dalam santan terdapat kandungan lemak jenuh yang bisa menurunkan kolestrol dibandingakn dengan mentega dan susu krim.

Hal ini disebabkan karena asam laurat yang meningkatkan HDL (kolesterol baik). Ketika memilih antara lemak jenuh, santan lebih cocok karena lebih sederhana bagi tubuh untuk memecah dan metabolisme lemak sehat seperti omega 6 asam lemak esensial.

Baca juga: Studi: Minyak Kelapa Bisa Lawan Infeksi Akibat Jamur Candida (up/up)