Selasa, 29 Des 2015 17:33 WIB

Senjakala Sit Up

Infografis: 5 Gerakan untuk Membuat Perut Sixpack

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: infografis
Topik Hangat Senjakala Sit Up
Jakarta - Penelitian membuktikan, gerakan crunch dalam sit up dan berbagai variasinya paling efektif melatih otot perut bagian depan. Namun jangan dipaksakan jika memang tidak sanggup, masih banyak alternatif penggantinya.

Membandingkan sit up dengan gerakan otot perut lainnya memang tidak tepat, sebab masing-masing gerakan punya target yang berbeda. Beberapa di antaranya bahkan melatih banyak otot sekaligus, sehingga disebut sebagai compound exercise. Plank adalah salah satu contohnya.

Sit up disebut-sebut bisa memicu cedera tulang belakang jika dilakukan tidak dengan teknik yang benar, dan tingkat kesulitannya tidak disesuaikan dengan kemampuan. Kambing hitamnya adalah tekanan yang besar pada bantalan tulang belakang serta gerakan menekuk.

Konsultan tulang belakang dari RS Fatmawati, Dr dr Luthfi Gatam SpOT (K)-Spine menyebut sit up tidak berbahaya bagi kebanyakan orang. Namun ia mengingatkan untuk berhati-hati dan memikirkan alternatif pengganti jika punya faktor risiko Hernia Nucleus Pulposus (HNP), yakni suatu kondisi yang memicu saraf kejepit.

"Faktor risikonya banyak. Contohnya pernah cedera, usia lanjut, terlalu banyak duduk, berat badan berlebih, dan bahkan kebiasaan merokok," kata dr Luthfi dalam perbincangan dengan detikHealth.

Baca juga: Mencari Pengganti Terbaik Saat Sit Up Mulai Banyak Ditinggalkan 

Lalu olahraga apa yang cocok untuk menggantikan sit up? Infografis berikut ini memberikan gambaran tentang beberapa jenis olahraga yang efeknya mirip sit up, dan relatif lebih aman dibanding sit up.



(up/vit)
Topik Hangat Senjakala Sit Up