Kamis, 07 Jan 2016 18:05 WIB

Tak Mau Tulang Belakang Jadi Bungkuk? Perhatikan Hal-hal Ini

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Tulang belakang merupakan 'penopang' tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya. Jika terlalu sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang salah, kesehatan tulang punggung bisa terancam.

Efeknya pun tak sekadar pegal-pegal, tulang punggung bisa berpengaruh pada pembentukan postur tubuh. Jika posisi tubuh saat beraktivitas terus-menerus 'diabaikan', tubuh bisa jadi bungkuk, bahkan menimbulkan nyeri hebat.

Salah satu penyebab postur tubuh berisiko membungkuk adalah kebiasaan duduk dengan posisi tak tepat, terutama pada pekerja kantoran. Menurut dr Benedictus Megaputera, SpOT, MSi, agar tak bungkuk, saat duduk di kantor sebaiknya gunakan kursi yang dilengkapi dengan sandaran punggung dan sandaran tangan.

Baca juga: Menelusuri Kematian Allya Siska, Pasien Chiropractic yang Diduga Korban Malpraktik

Pastinya, dengan alas duduk yang nyaman dan tidak terlalu keras. Pilihlah kursi dengan sandaran tangan yang dapat menopang siku dan bahu dengan rileks.

"Jangan lupa siku membentuk sudut 90-120 derajat terhadap lantai. Pilih juga kursi yang stabil, bisa diatur ketinggiannya dan dilengkapi roda yang bisa menggelinding dengan baik," tutur dr Ega, begitu ia akrab disapa, kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Selain itu, kebiasaan makan sembarangan tanpa memerhatikan pola nutrisi juga harus dihindari untuk mencegah bungkuk. Tulang belakang dan tulang punggung membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dengan kuat dan tegak.

Gizi rendah dan kurangnya vitamin serta kalsium dapat mempengaruhi kekuatan tulang dan otot. Sebab, tubuh tidak memberikan kekuatan dan fleksibilitas yang memadai untuk menahan postur tubuh yang benar.

Beberapa kebiasaan lain yang juga meningkatkan risiko postur tubuh bungkuk di antaranya berat badan berlebihan, sering membawa beban yang terlalu berat, serta faktor gaya hidup seperti merokok.

Baca juga: Berobat ke Chiropractic, Almarhumah Allya Siska Punya Riwayat Kyphosis

(ajg/up)