ADVERTISEMENT

Sabtu, 30 Jan 2016 08:42 WIB

Setelah Menanti 28 Tahun, Akhirnya Ada Bayi Lahir di Kota Ini

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: thinkstock
Ostana - Penduduk sebuah kota kecil bagian utara Italia tengah bersuka cita setelah dilahirkannya seorang bayi laki-laki. Kelahirannya begitu spesial karena bayi terakhir di kota tersebut diketahui lahir pada tahun 1987.

Walikota Ostana, Giacomo Lombardo, mengatakan kelahiran bayi bernama Pablo itu seperti mimpi yang menjadi nyata untuk kota. Sudah sejak 100 tahun terakhir populasi mengalami penurunan drastis dan kini tercatat hanya ada sekitar 85 penduduk.

Menurut Lombardo penurunan populasi terjadi sejak perang dunia kedua di mulai. Pada awal tahun 1900 tercatat Ostana memiliki 1.000 penduduk namun kemudian terus berkurang sampai sekarang.

Baca juga: Indonesia Diperkirakan Akan Jadi 'Pusat Pertumbuhan' Penduduk Dunia

"Penurunan populasi yang nyata mulai terjadi pada tahun 1975 dengan jumlah kelahiran saat itu cuma 17 antara tahun 1976 sampai 1987. Tahun di mana bayi terakhir lahir sampai akhirnya datang si kecil Pablo," kata Lombardo seperti dikutip dari BBC, Sabtu (30/1/2016).

Tren penurunan populasi memang menjadi masalah bagi kota-kota kecil di Itali. Selain Ostana, contohnya saja Sellia juga memiliki masalah yang sama dengan populasi penduduk saat ini sekitar 500 orang.

Dari 500 jumlah penduduk yang ada, 60 persen di antaranya merupakan manusia lanjut usia (lansia). Oleh sebab itu wali kota di sana menerapkan kebijakan yang 'melarang' warganya untuk jatuh sakit.

"Mereka yang tidak mengambil langkah pencegahan dan membahayakan kesehatannya sendiri, harus bayar pajak lebih banyak," kata Wali Kota Sellia, Davide Zicchinela.

Baca juga: Ingin Jaga Populasi, Pemerintah Kota Ini Larang Warganya Jatuh Sakit

(fds/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT