Senin, 01 Feb 2016 10:58 WIB

Tidak Lucu! Bercanda dengan Tarik Kursi Hingga Jatuh Bisa Patahkan Tulang Ekor

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Bercanda yang tidak lucu adalah ketika menghina fisik dan yang bisa membuat orang lain cedera, misalnya dengan menarik kursi saat seseorang akan duduk hingga si korban jatuh terduduk. Hal ini berpotensi membuat tulang ekor patah.

"Jatuh terduduk bisa membuat tulang ekor patah atau bergeser dari posisinya," ujar spesialis orthopaedi dan traumatologi dari Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, dr Andri Primadhi, SpOT, dalam perbincangan dengan detikHealth, Senin (1/2/2016).

dr Andri menerangkan cedera tulang ekor biasanya tidak akan menyebabkan kelumpuhan gerak karena letak spinal cord atau sumsum tulang belakang yang terbawah, jauh di atas tulang ekor. Pengecualian jika terdapat pula cedera tulang belakang di segmen lainnya.

Baca juga: Hati-hati, Jatuh Terduduk Juga Bisa Bahayakan Saraf

"Namun dapat mengganggu beberapa fungsi seperti buang air kecil atau besar, seksual, dan nyeri menahun," kata dr Andri menyebut risiko lain yang mungkin terjadi saat seseorang jatuh terduduk.

Gejala tulang ekor yang patah antara lain nyeri di sekitar tulang ekor bila ditekan. Selain itu rasa nyeri saat duduk atau buang air besar. Tanda lebam atau bengkak juga bisa jadi tanda lain saat tulang ekor patah. Namun untuk memastikan, butuh pemeriksaan lanjutan.

"Untuk mengetahui adanya patah tulang atau dislokasi, dokter akan melakukan pemeriksaan X-Ray bila diperlukan," kata dr Andri.

Baca juga: Macam-macam Penyebab Cedera pada Selangkangan

(vit/up)