Selasa, 02 Feb 2016 18:31 WIB

Banyak Makan Buah dan Sayur Saat Remaja, Risiko Kanker Payudara Bisa Drop

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Mau punya payudara yang lebih sehat dan terhindari dari risiko kanker? Yuk biasakan makan sayur dan buah setiap hari. Studi mengungkapkan bahwa kebiasaan ini bantu pangkas risiko kanker payudara lho.

Untuk setiap tambahan 10 gram asupan serat harian, misalnya dari sebuah apel atau dua potong roti gandum, pada masa dewasa awal, risiko kanker payudara menurun sebesar 13 persen.

Demikian disampaikan oleh para peneliti dari Harvard T.H Chan School of Public Health dan dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics.

Baca jugaStudi: Rutin Makan Apel dan Pir Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

"Dari beberapa studi sebelumnya kami menemukan bahwa jaringan payudara sangat dipengaruhi oleh karsinogen dan antikarsinogen selama masa kanak-kanak dan remaja. Studi kami kali ini membuktikan bahwa diet pada masa itu merupakan faktor penting bagi risiko kanker saat dewasa," ungkap salah satu peneliti yang terlibat, Walter Willett, seperti dikutip dari Times of India, Selasa (2/2/2016).

Para peneliti percaya bahwa mengonsumsi makanan kaya serat dapat mengurangi risiko kanker payudara. Penurunan risiko ini didapat karena asupan kaya serat membantu mengurangi kadar estrogen yang tinggi dalam darah, yang sangat terkait dengan perkembangan kanker payudara.

Menurut Maryam Farvid yang juga dari Harvard Chan School, hasil studi ini bisa dijadikan pertimbangan bagi para orang tua dalam memberikan asupan pada putrinya. "Dapat dipertimbangkan bagi para orang tua untuk memerhatikan asupan buah dan sayur untuk anak-anak mereka," ungkap Farvid.

Baca jugaMau Langsing Tapi Suka Ngemil? Makan Semangka Solusinya

(ajg/vit)