ADVERTISEMENT

Senin, 15 Feb 2016 10:01 WIB

Efek Samping Sedot Lemak Jadikan Perempuan Ini Kleptomania

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Sebuah kasus langka dilaporkan dalam jurnal ilmiah. Usai menjalani serangkaian bedah kosmetik yang meliputi sedot lemak dan pembesaran payudara, seorang perempuan jadi sulit menahan diri untuk tidak mencuri.

Perempuan asal Brazil ini mengalami apa yang disebut pikiran yang berulang, mengganggu, dan kompulsi yang tidak tertahankan untuk mencuri. Kasus ini dilaporkan dalam British Meical Journal Case Reports edisi online, 29 Januari silam.

Penjelasan paling memungkinkan untuk kasus ini adalah kekurangan aluran darah ke otak pada salah satu titik dalam operasi. Kondisi tersebut membuat otak kekurangan oksigen dan nutrisi, sehingga mengganggu fungsi otak dan memicu kerusakan.

Baca juga: 62 Persen Penderita Kleptomania adalah Perempuan 

Dr Fabio Nascimento dari Toronto Western Hospital yang terlibat dalam operasi menjelaskan, kerusakan tersebut kemungkinan mengganggu sirkuit tertentu di otak. Oleh karenanya, ada gejala neurologis yang muncul setelah operasi.

Gejala kleptomania atau suka mencuri diketahui beberapa hari setelah perempuan ini keluar dari rumah sakit. Meski hanya muncul beberapa pekan, gangguan ini membuatnya nyaris berurusan dengan hukum. Ia kedapatan mencuri di sebuah toko meski punya uang untuk membelinya.

Perempuan tersebut akhirnya dibebaskan setelah terbukti perilakunya dipengaruhi oleh gangguan mental. Dikutip dari Livescience, Senin (15/2/2016), ia juga tidak mendapat pengobatan khusus, sebab kerusakan sirkuit di otaknya pulih dengan sendirinya.

Baca juga: Seorang Pria di India 'Hamil' Usai Lakukan Aktivitas Homoseksual  (up/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT