Jumat, 19 Feb 2016 10:08 WIB

Glaukoma si Pencuri Penglihatan

Diam-diam Curi Penglihatan, Apa Penyebab Glaukoma?

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Glaukoma dikenal sebagai si pencuri penglihatan karena bisa menyebabkan kebutaan meski tak bergejala. Apa sih penyebab glaukoma?

dr Emma Rusmayani, SpM dari Jakarta Eye Center Kedoya mengatakan pada prinsipnya, glaukoma disebabkan oleh kerusakan saraf mata akibat tekanan bola mata yang tinggi. Secara klasifikasi, ada dua jenis glaukoma yakni glaukoma primer dan glaukoma sekunder.

"Glaukoma primer itu yang penyebabnya tidak diketahui, dan biasanya dikaitkan dengan riwayat genetik. Sementara glaukoma sekunder adalah faktor luar yang menyebabkan tingginya tekanan pada bola mata. Bisa karena komplikasi penyakit lain, radang di dalam bola mata, infeksi, trauma atau ada tumor," tutur dr Emma kepada detikHealth, saat berbincang beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mengenal Glaukoma, si Pencuri Penglihatan yang Tak Bergejala 

Secara ringkas, glaukoma primer terjadi akibat adanya penumpukan cairan mata di saluran trabecular. Cairan mata berfungsi untuk menjaga bentuk bola mata hingga memberi nutrisi ke kornea dan lensa mata. Mata menghasilkan kurang lebih 6 liter cairan per hari dan harus dijaga keseimbangan antara cairan yang dihasilkan dengan yang dikeluarkan.

Pada kasus glaukoma primer, gangguan pada saluran trabekular menyebabkan penumpukan cairan mata dan meningkatkan tekanan pada bola mata. Ketidakseimbangan ini membuat saraf mata yang ada di bagian belakang rusak dan akhirnya mengganggu luas penglihatan.

"Ibarat ban atau balon. Kalau diisi terus sedikit-sedikit tanpa dikeluarkan jadinya tekanannya tinggi kan? Ini mekanisme yang akhirnya membuat saraf mata tertekan," terang dr Emma.

Sementara pada kasus glaukoma sekunder, penyebabnya lebih beragam. Misalnya radang pada mata atau infeksi uveitis. Bisa juga akibat komplikasi diabetic retinopathy yang menyerang mata, atau trauma yang dialami.

"Misalnya karena komplikasi, bisa juga timbul pembuluh darah yang tidak seharusnya di bola mata. Akibatnya tekanan bola mata meningkat. Atau jatuh dari motor dan mata kena trauma juga bisa naik tekanan bola matanya," tambah dr Emma.

Apapun penyebabnya, dr Emma penglihatan yang hilang akibat glaukoma tidak bisa dikembalikan. Oleh karena itu penting untuk mencegah terjadinya glaukoma sejak dini dengan cara melakukan skrining rutin.

"Glaukoma termasuk dalam penyebab kebutaan yang tidak bisa direhabiltiasi tapi bisa dicegah. Caranya? perhatikan faktor risiko dan skrining mata minimal satu tahun sekali," sarannya.

Baca juga: Yuk Kenali Gangguan pada Mata Serta Pencegahannya! (mrs/vit)