Jumat, 19 Feb 2016 14:12 WIB

Glaukoma si Pencuri Penglihatan

Infografis: 5 Fase Glaukoma si Pencuri Penglihatan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Glaukoma disebut sebagai si pencuri penglihatan karena tak memiliki gejala. Meski begitu, glaukoma bisa menyebabkan kebutaan jika tak ditangani dengan tepat.

dr Emma Rusmayani, SpM dari Jakarta Eye Center Kedoya menjelaskan bahwa secara definisi merupakan salah satu penyakit yang menyerang saraf mata. Peningkatakan tekanan bola mata menyebabkan kerusakan saraf yang mengurangi luas penglihatan dan dalam jangka panjang, bisa menyebabkan kebutaan.

"Disebut sebagai si pencuri penglihatan karena penyakit ini tidak bergejala. 80 Persen pasien tidak mengalami gejala apapun kecuali tekanan tinggi pada bola mata yang menyebabkan kerusakan saraf mata dan membuat kehilangan luas penglihatan," tutur dr Emma kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Dijelaskan dr Emma, glaukoma berbeda dengan katarak yang menurunkan ketajaman penglihatan akibat kekeruhan di lensa mata. Pada kasus glaukoma, seseorang akan kehilangan luas penglihatan sedikit demi sedikit akibat tekanan yang tinggi pada bola mata.

Untuk mengetahui lebih jelas fase-fase glaukoma hingga mengalami kebutaan, simak infografis di bawah ini:



(mrs/vit)