Minggu, 21 Feb 2016 13:04 WIB

Rahasia Eddy Tetap Bugar dan Masih Jadi Personal Trainer di Usia 71 Tahun

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: DW Fitness Foto: DW Fitness
Jakarta - Eddy Digest sudah berusia 71 tahun. Tapi, ia masih mampu mempertahankan kebugaran tubuhnya bahkan sampai saat ini pun, Eddy tetap rutin melakukan angkat beban dan melatih para kliennya di tempat ia bekerja, DW Fitness.

Selama 35 tahun terakhir, Eddy sudah berlatih angkat beban. Ia juga berhasil menyabet dua kali gelar juara saat mewakili Inggris di ajang Commonwealth Games di Perth, Australia, pada tahun 1962. Tak hanya itu, Eddy juga rutin berlatih seni bela diri China selama kurnag lebih 55 tahun.

Kini, saat usianya 71 tahun, Eddy memang sudah pensiun mengikuti kejuaraan binaraga. Namun, ia masih aktif di gym tempatnya bekerja dan menjadi personal trainer. Klien Eddy terdiri dari pesenam, penari profesional, pegolf, petenis, pelari maraton, binaragawan, dan seniman bela diri.

Tak hanya itu, Eddy juga sudah diakui sebagai Kung Fu Master oleh World Martial Arts Organisation di Amerika Serikat dan Jepang. Nah, agar tetap bugar dan aktif di usia yang terbilang sudah lanjut, Eddy punya tiga rahasia. Apa itu?

"Saya memiliki tiga kedisiplinan. Pertama, saya selalu memancing sebab dengan begitu saya bisa mendapatkan me time yang memang dibutuhkan setiap orang. Kedua, saya rutin melakukan latihan angkat beban untuk menghilangkan agresivitas saya," tutur Eddy, dikutip dari Daily Star.

Baca jugaTak Cuma Bikin Langsing, Latihan Angkat Beban Juga Sehatkan Otak

Selanjutnya, kedisiplinan nomor tiga yaitu rutin melakukan seni bela diri karena dengan begitu Eddy bisa berlatih untuk fokus. Meskipun, dalam keseharian Eddy juga menjalankan pola hidup sehat seperti kebanyakan orang dengan mengatur pola makan serta istirahat.

Dalam melatih kliennya, Eddy juga menerapkan apa yang ia lakukan selama ini dengan memegang prinsip bukan berapa berat beban yang bisa diangkat seseorang, tapi bagaimana ia bisa melakukan latihan itu dengan benar.

"Saat latihan, kunci yang terpenting adalah membuat Anda bisa memikirkan tentang latihan yang Anda lakukan. Tidak ada gunanya menambah beban tetapi Anda melakukan dengan teknik yang keliru. Jika Anda masuk ke gym ini kemudian benci melakukan sebuah latihan, setidaknya saat keluar dari gym Anda bisa merasakan sudah melakukan sesuatu yang luar biasa," kata Eddy.

Baca jugaKetika Olahraga Sudah Menjadi Candu (rdn/up)
News Feed