Jumat, 04 Mar 2016 18:06 WIB

Studi: Minum Kopi Dapat Menurunkan Risiko Multiple Schlerosis

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Satu lagi manfaat sehat minum kopi terungkap dalam sebuah penelitian ilmiah. Orang-orang yang rajin minum kopi lebih terlindungi dari risiko multiple schlerosis (MS).

Dibandingkan dengan responden yang mengaku tidak minum kopi, responden yang rajin minum kopi punya risiko sepertiga lebih rendah untuk terkena MS.

"Kami mengamati kaitan yang signifikan antara konsumsi kopi dalam jumlah banyak dengan penurunan risiko MS," kata Anna Hedstrom, ilmuwan dari Karolinska Institute yang melakukan penelitian tersebut, seperti dikutip dari Livescience, Jumat (4/3/2016).

Temuan ini sebenarnya telah dipresentasikan dalam American Academy of Neurology pada Februari silam. Kini, penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal peer-reviewed, yakni Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry edisi 3 Maret 2015.

Baca juga: Begini Cara Penyakit Multiple Sclerosis Merusak Tubuh

Dalam penelitiannya, Hedstrom melibatkan 2.779 orang dengan MS dan 3.960 orang tanpa MS. Hasil pengamatan menunjukkan, responden yang mengonsumsi 4 gelas atau 900 mL kopi sehari punya risiko 29 persen lebih rendah mengalami MS.

Hubungan sebab akibat dalam temuan tersebut belum benar-benar terkonfirmasi. Namun diyakini, kandungan kafein punya efek protektif atau perlindungan pada otak dan sumsum tulang belakang.

Pada MS, sistem imun atau kekebalan tubuh menyerang selubung myelin. Kerusakan pada sistem saraf tersebut bisa mengganggu semua sistem organ yang ada di tubuh.

Baca juga: Multiple Sclerosis, Penyakit 'Seribu Wajah' yang Bikin Dokter Garuk Kepala (up/ajg)