Selasa, 29 Mar 2016 17:02 WIB

Studi: Cokelat Bisa Jadi 'Amunisi' Peningkat Daya Tahan Saat Olahraga

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Mau lebih bertenaga dan tahan lama saat akan berolahraga? Ngemil sedikit cokelat dengan jenis dark chocolate bisa jadi solusinya. Asupan ini diyakini dapat memberikan Anda ekstra tenaga saat melakukan latihan fisik.

Seperti dikutip dari Times of India, Selasa (29/3/2016), sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa mengonsumsi cokelat dapat meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh saat berolahraga. Dark chocolate diyakini memiliki epicatechin.

Epicatechin dikenal dapat mendorong sel-sel yang melapisi pembuluh darah untuk melepaskan ekstra nitrat oksida. Nitrat oksida sendiri berkaitan dengan efek vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah dan arteri. Oleh sebab itu, asupan ini diyakini dapat meningkatkan aliran darah dan fungsi jantung.

Baca juga: Tak Cuma Enak, Makan Cokelat Juga Perkuat Daya Ingat dan Konsentrasi

Dibandingkan cokelat jenis milk chocolate, kandungan epicatechin yang dimiliki oleh dark chocolate cenderung lebih tinggi.

Diyakini punya banyak manfaat bagi jantung dan pembuluh darah, penelitian sebelumnya menuturkan bahwa konsumsi cokelat juga baik untuk meningkatkan konsentrasi terutama saat mengalami letih di jam-jam kerja.

"Cokelat merupakan stimulan dan ini mengaktifkan otak dengan cara yang spesial," kata Larry Stevens, seorang profesor psikologi dari Northern Arizona University seperti dikutip dari Science Daily.

Baca juga: Peneliti Sebut Minum Kopi Tiap Pagi Tidak Bikin Jantung Deg-degan

(ajg/up)