Jumat, 29 Apr 2016 19:00 WIB

Transfer Lemak Juga Diminati Pria untuk Bikin Perut Sixpack

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Teknik pemindahan lemak tidak hanya berguna untuk permak wajah. Bagi kaum pria yang malas olahraga, cara ini juga banyak dipakai untuk mendapatkan perut sixpack alias kotak-kotak.

"Kalau ada yang malas olahraga, tapi mau sixpack atau membentuk otot biseps dengan cara instan, bisa juga kita suntik dengan lemak," kata dr Danu Mahandaru, SpBP-RE dari RS Pondok Indah dalam temu media di Plaza Senayan baru-baru ini.

Transfer lemak dilakukan dengan mengambil lemak berlebih di daerah pinggang atau perut, lalu dipindahkan untuk memperbaiki bagian tubuh yang dianggap kurang menarik. Di wajah, tempat favorit untuk menyuntikkan lemak antara lain sekitar mata, hidung, serta dahi untuk mengatasi kerutan.

Dibandingkan dengan filler sintetis, transfer lemak yang diambil dari jaringan tubuh sendiri dinilai lebih aman. Hasilnya pun relatif lebih permanen karena lemak akan menyatu dengan jaringan di tempat baru sehingga tidak terpengaruh gravitasi.

Baca jugaSelfie Sedang Ngetren, Permak Wajah dengan Transfer Lemak Makin Diminati

Namun transfer lemak tidak bisa dilakukan sekaligus dalam jumlah besar. Sekali penyuntikan, biasanya hanya sekitar 100-300 cc dan harus ada jeda antara 3-6 bulan sebelum penyuntikan berikutnya jika memang masih dibutuhkan.

"Kalau terlalu banyak, jaringan lemaknya akan mati lalu diserap oleh tubuh," jelas dr Danu.

Selain untuk kebutuhan estetis, transfer lemak juga sering digunakan untuk kebutuhan rekonstruktif. Misalnya untuk luka kronis pada pasien diabetes, atau untuk memperbaiki dampak kelumpuhan wajah pada pasien Bell's Palsy.

Baca jugaCangkok Lemak, Alternatif Selain Implan untuk Besarkan Payudara (up/vit)