Kamis, 19 Mei 2016 11:00 WIB

Amnesia Jenis Ini Dialami Orang-orang yang Hobi Nyontek

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Seseorang yang sering menyontek saat ujian bukan tidak tahu bahwa perbuatannya tidak baik. Menurut penelitian, mereka hanya 'lupa' alias amnesia atas perilaku yang sering dilakukannya.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebut 'unethical amnesia' untuk menggambarkan kebiasaan menyontek. Pengidapnya punya kesulitan mengingat hal-hal buruk yang pernah dilakukannya, termasuk menyontek saat ujian.

Serangkaian eksperimen menunjukkan bahwa ingatan seseorang tentang perilaku tidak etis tidak sejelas ingatan tentang perilaku yang etis. Sebagian bahkan tidak mampu mengingat sama sekali perilaku tidak terpuji yang pernah dilakukannya.

Baca juga: Ketika Mimpi Terganggu, Memori Baru di Otak Berhenti Terbentuk

Sebanyak 2.100 partisipan dilibatkan dalam eksperimen ini. Dalam salah satu eksperimen, para ilmuwan meminta 70 relawan untuk memainkan games dengan koin yang memungkinkan untuk berbuat curang. Dua pekan berikutnya, mereka diminta mengisi kuesioner terkait ingatan tentang permainan tersebut, serta makanan yang disantap pada malam harinya.

Sebanyak 43 persen partisipan dilaporkan curang dalam permainan tersebut. Namun ingatan tentang hal itu tidak terlalu jelas, dibandingkan ingatan tentang makanan yang disantap sesudah mengikuti permainan tersebut.

"Setelah berperilaku tidak etis, ingatan seseorang tentang perilaku tersebut akan semakin kabur seiring waktu berjalan karena tekanan psikologis dan ketidaknyamanan atas perilaku tidak terpuji tersebut," tulis pada peneliti dalam laporannya di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (19/5/2016).

Baca juga: Tinggalkan TTS, Ambil Matras! Yoga Terbukti Lebih Ampuh Menangkal Pikun (up/vit)