Senin, 23 Mei 2016 08:09 WIB

Selain Kotoran Manusia, Benda-Benda Ini Juga Sering 'Nyasar' di Septic Tank

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Jamban dan septik tank dibuat untuk menampung kotoran manusia agar tidak mencemari lingkungan. Namun sayang, sering ditemukan benda lain yang 'nyasar' ke tempat tersebut.

Sebuah perusahaan di Australia yang bergerak di bidang sanitasi, Sydney Water, baru-baru ini merilis daftar benda yang paling sering ditemukan di penampungan tinja. Siapa sangka, ponsel dan pakaian dalam termasuk paling sering dibuang ke jamban.

Benda-benda yang termasuk dalam daftar tersebut antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari News.com.au:

1. Hewan peliharaan
Juru bicara Sydney Water, Peter Hadfield, menyebut hewan peliharaan berukuran kecil sering ditemukan di sistem pembuangan limbah kotoran manusia. Ikan hias adalah salah satunya. Secara langsung memang tidak membahayakan lingkungan, namun hewan-hewan ini bisa menyumbat saluran.

2. Pakaian
North East Water di Victoria mengatakan bahwa staf mereka sering menemukan pakaian dalam, dan bahkan jins di saluran pembuangan limbah. Tidak diketahui pasti apa alasan sebagian orang membuang pakaiannya di jamban, lalu membiarkannya masuk ke sistem pembuangan limbah kotoran manusia.

3. Puntung rokok
Beberapa orang punya kebiasaan merokok di toilet sambil buang air besar. Membuang puntungnya sembarangan di lantai bisa bikin kotor, sedangkan memasukkannya ke tempat sampah bisa memicu kebakaran. Mungkin membuangnya sekalian ke jamban dianggap lebih tepat, yang pasti puntung rokok sering ditemukan di sistem pembuangan limbah di Australia. Bagaimana tidak tersumbat kalau banyak puntung rokok di salurannya?

4. Minyak dan lemak
Lemak dan minyak juga sering ditemukan menggumpal di septic tank, lengket dengan benda-benda lain dan membentuk 'fatberg'. Gumpalan yang diibaratkan seperti iceberg atau gunung es ini diyakini berasal dari limbah sisa masakan, yang memang tidak boleh dibuang ke saluran cuci piring karena bisa memicu penyumbatan.

5. Ponsel
Tidak mengejutkan, tetapi tetap terasa lucu. Semua orang mungkin pernah mengalami, ponselnya tercebur ke jamban lalu tanpa sengaja ter-flush masuk ke saluran pembuangan. Yang pasti, Sydney Water sering menemukan benda-benda elektronik tersebut di tempat penampungan tinja.

6. Tisu basah
Diperkirakan 1 dari 4 orang di Sydney membuang tisu basah ke jamban, dan 75 persen penyumbatan saluran ke septic tank dipicu oleh pembuangan tisu ke jamban. Ini adalah salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh para pengelola saluran limbah dan penampungan tinja.

"Tisu basah adalah masalah '500 ton per tahun' bagi Sydney Water karena begitu banyak tisu basah yang kami keluarkan dari sistem kami," kata Hadfield. (up/vit)