Selasa, 24 Mei 2016 14:28 WIB

Anak Terlibat Narkoba atau Tidak? Hal-hal Ini Bisa Jadi Petunjuk Awal

Firdaus Anwar - detikHealth
Rilis TPPU Narkoba (Foto: Aditya/detikcom)
Jakarta - Ancaman penyalahgunaan narkoba terutama berbahaya bagi generasi muda. Alasannya karena anak-anak adalah di mana harapan masa depan bangsa ditempatkan namun sayangnya mereka masih mudah terpengaruh berbagai macam hal.

Dokter rehabilitasi dari Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur dr Mona Tri Rizky mengatakan untuk mencegah ancaman narkoba, penting bagi orang tua untuk dekat dengan anak. Mendidik, mengasuh, dan mengetahui apabila ada hal-hal yang mungkin mengganggu anak tapi tak diceritakan.

Terkait penyalahgunaan narkoba, menurut dr Mona biasanya ada beberapa hal yang bisa jadi tanda-tanda kerawanan apakah anak terlibat atau tidak. Tanda pertama biasanya ditunjukkan dari performa akademis yang menurun.

"Kalau untuk orang tua itu biasanya terlihat nilai akademis turun. Kemudian ada laporan dari pihak sekolah atau teman-temannya terkait kedisiplinan, misal jadi sering bolos atau pas pelajaran tertentu keluar," kata dr Mona ketika ditemui saat melakukan penyuluhan bahaya narkoba di Kantor Pusat PT Actavis, Jakarta Timur, (24/5/2016).

Baca juga: Ingin Coba Narkoba? Jangan Kepedean Bakal Bebas Kecanduan

Di luar hal itu orang tua patut mewaspadai juga apabila terjadi perubahan perilaku pada anak. Hal ini terjadi kemungkinan sebagai dampak dari penggunaan zat yang sudah memengaruhi sistem sarafnya.

"Kalau anak yang tadinya periang tiba-tiba suka mengurung diri di kamar, tambah pucat, kurus, dan lain sebagainya itu harus diwaspadai. Lakukan pedekatan yang lebih ke anak untuk ditanya apakah ada masalah," kata dr Mona.

Menurut dr Mona apabila memang ada kecurigaan atau sang anak mengakuinya sendiri lebih baik segera ajak untuk rehabilitasi. Karena bila dibiarkan kemungkinan situasi bisa menjadi lebih parah dari yang sudah terjadi.

Baca juga: Peneliti: LSD Membuat Otak Manusia Dewasa Menjadi Seperti Bayi (fds/vit)