Sabtu, 28 Mei 2016 10:19 WIB

Masih Nggak Yakin? Ini Buktinya Jalan Kaki Lebih Sehat Dibanding Naik Mobil

Hillariana ID - detikHealth
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Saat ini, pekerjaan menuntut kita untuk lebih sering duduk dan mengendarai mobil daripada berjalan. Namun, baru-baru ini sebuah riset dari Toronto mengungkapkan kebiasaan jalan kaki dapat membuat hidup lebih sehat. Dengan berkurangnya risiko kelebihan berat badan, obesitas sampai risiko diabetes.

Diungkapkan oleh Li Ka Shing dari Institute of St. Michael's Hospital bahwa kota yang lebih membudayakan berjalan kaki, penduduknya cenderung lebih sedikit mengidap obesitas dan diabetes. Studi membandingkan dengan kota yang penduduknya lebih sering menggunakan transportasi mobil pribadi.

"Ini adalah hasil yang menggembirakan, karena seringkali budaya jalan kaki tidak dikaitkan dengan peningkatan aktivitas fisik. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk melihat apakah hubungan yang diamati adalah setara," ungkap peneliti utama, Dr Gillian L. Booth.

Baca Juga: Studi: Berjalan Tanpa Alas Kaki Bantu Tingkatkan Kapasitas Daya Ingat

Untuk studi ini, Booth juga menggunakan data kesehatan tahunan provinsi dan data dari survei kesehatan masyarakat Kanada dua tahunan untuk orang dewasa yang tinggal di sekitar Southern Ontario. Hasilnya menunjukkan, kasus kelebihan berat badan dan obesitas terjadi sebesar 43 persen dari penduduk di kota yang budayakan jalan kaki dan 54 persen di kota yang tidak membudayakan jalan kaki. Bukti juga menunjukkan bahwa jalan kaki setiap hari menurunkan risiko hipertensi.

"Mengemudi untuk pergi ke kantor mungkin terasa lebih mudah dan memakan waktu yang lebih sedikit. Tapi nyatanya, juga mendatangkan malapetaka bagi kesehatan," tutur Booth dikutip dari Medical Daily.

Selain mendorong kurangi penggunaan mobil, penelitian ini juga menyarankan untuk mengubah kebiasaan makan. Senada dengan hal itu, peneliti dari Indiana University-Purdue meneliti bagaimana hidup di dekat sebuah toko kelontong dengan buah-buahan segar dan sayuran akan memengaruhi kesehatan kita. Mayoritas warga yang rumahnya jauh dari toko sayur dan buah segar mengatakan, mereka akan membeli buah dan sayur jika aksesnya mudah, namun karena jauh, mereka tidak melakukannya.

Baca Juga: 4 Mitos Soal Jalan Kaki Sebagai Aktivitas Fisik yang Masih Dipercaya (up/up)
News Feed