Selasa, 31 Mei 2016 16:03 WIB

Begini Lho Kriteria Kulit yang Sehat Menurut Dokter

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat, termasuk di dalamnya kulit sebagai salah satu bagian tubuh. Lantas, bagaimana sih kriteria kulit yang sehat menurut dokter?

"Kulit sehat itu bercahaya, warnanya merata, bebas noda, bebas masalah seperti jerawat dan kulit kusam, kemudian kulitnya kenyal," kata dr Radityo Anugrah SpKK dari Bamed Skin Care dalam Seminar Media di Hotel 101 Sedayu Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (31/5/2016).

Dikatakan dr Radit, kulit yang kekenyalannya baik bisa terlihat dari garis muka. Makin banyak garis muka, maka elastistas kulit kurang baik. Selain itu, elastisitas yang kurang baik juga terlihat dari lebih banyaknya kerutan.

Sementara untuk warna yang merata, dr Radit menyebutkan secara natural tone wajah akan memiliki satu tone warna pada seluruh area wajah. Ibaratnya, jika menggunakan bedak maka dipakai satu nomor warna bedak saja. Meskipun, bisa saja ditemui pada satu orang wajahnya memiliki 3 tone wajah.

Pada jidat misalnya, menurut dr Radit kulit lebih tipis dan karena di jidat mengandung lebih banyak lemak, bisa saja warna di area jidat menjadi lebih kuning. Lalu, bagaimana kriteria kulit yang bercahaya?

"Glowing-lah. Karena indeks bias cahayanya lebih rendah jadinya muka warnanya lebih kinclong. Bright," ujar dr Radit.

Hadir dalam kesempatan sama, dr Conny Melly SpKK mengatakan penelitian menunjukkan penampilan kulit yang sehat berpengaruh pada kepercayaan diri seseorang dan berdampak baik bagi kualitas hidup serta produktivitasnya.

Baca juga: Segudang Manfaat Food Combining, Cegah Penyakit Hingga Bikin Kulit Halus

dr Conny menekankan pentingnya melakukan peremajaan kulit salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Sebab, akan terjadi pula penuaan yang bisa disebabkan faktor intristik atau alami seperti faktor genetik dan metabolisme. Kemudian penuaan ekstrinsik misalnya akibat paparan UV, merokok, dan gaya hidup yang kurang baik.

"Ada tiga faktor untuk menjaga peremajaan kulit yang akan berkurang seiring bertambahnya usia. Yaitu kolagen yang berfungsi menyokong jaringan kulit, ibaratnya pondasinya. Kemudian elastis untuk menjaga kulit kembali ke posisi normal pasca berekspresi dan hyaluronic acid yang berfungsi menyerap air sehingga menjaga kelembaban kulit," kata dr Conny.

Ia menambahkan, masalah yang dapat timbul seiring berkurangnya tiga komponen itu di antaranya kulit kering, keriput, tipis, berkerut, dan terjadinya pigmentasi.

Baca juga: Mencukur Justru Bikin Bulu Halus di Wajah Makin Lebat? Ah Belum Tentu


(rdn/vit)
News Feed
Layar Pemilu Terperc
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya