Jumat, 17 Jun 2016 09:05 WIB

Bisa Tingkatkan Gula Darah Mendadak, Jangan Terlalu Banyak Minum Smoothies

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Smoothies merupakan minuman berbahan dasar buah yang biasa dicampur dengan susu atau yoghurt. Tren diet saat ini membuat smoothies populer sebagai minuman yang dikatakan mampu membantu menurunkan berat badan.

Namun pakar gizi sekaligus nutrisionis dari Academy of Nutrition and Dietetics Sarah B. Krieger, menyebut manfaat sehat yang dimiliki smoothies bisa membuat orang salah paham. Sebabnya meski sehat, smoothies tak dianjurkan untuk diminum banyak-banyak karena kadar gulanya yang tinggi.

"Memang benar smoothies berbahan dasar buah. Namun orang cenderung mengonsumsinya lebih banyak di gelas besar, dengan ukuran 600-700 cc. Hal ini bisa menyebabkan gula darah meningkat secara mendadak, yang tentunya berbahaya bagi tubuh," tutur Sarah, dikutip dari NY Times.

Baca juga: Ini Sebabnya Jus Buah Dianjurkan Segera Diminum Setelah Selesai Dibuat

Dijelaskan Sarah, kandungan gula pada smoothies lebih cepat diserap tubuh daripada gula alami yang ada di buah utuh. Pada buah utuh, kandungan serat yang tinggi berfungsi sebagai net atau jaring yang membuat tubuh mengubah gula menjadi gula darah secara perlahan.

Nah, pada smoothies, kandungan serat sudah berkurang jauh dan hilang karena proses blender. Oleh karena itu, gula akan lebih cepat terserap oleh tubuh, yang berisiko menyebabkan hiperglikemia.

"Karena kandungan gula tinggi dan lebih mudah terserap, Anda akan lebih cepat merasa haus dan lapar daripada saat Anda memakan buah dan sayuran utuh," tutur Sarah lagi.

Yang harus diperhatikan adalah sumber smoothies. Jika Anda membuatnya sendiri di rumah, pastikan bahan-bahan yang digunakan aman dan porsinya tidak terlalu banyak.

Namun jika smoothies yang Anda minum dibeli di luar, Anda harus hati-hati. Sarah mengatakan smoothies yang dibeli di supermarket atau smoothies dalam kemasan mengandung pemanis buatan yang tinggi, bubuk protein, dan bahan-bahan lain yang mengandung kalori tinggi.

"Hanya karena ada selembar sayuran hijau tak membuat sesuatu menjadi lebih sehat. Ada perbedaan jelas antara smoothies dan milkshake," tuturnya.

Baca juga: Studi Ini Amati Kandungan Gula pada Jus Buah Segar dan Jus Buah Kemasan

(mrs/vit)