Selasa, 21 Jun 2016 16:45 WIB

Berusia 27 Tahun, Ibu Muda Ini Sudah Didiagnosis dengan Empat Jenis Kanker

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Daily Mail
Lancashire - Gemma Nuttall (27) kini tengah berjuang menghadapi diagnosis kanker yang dimilikinya. Tak tanggung-tanggung, ia didiagnosis dengan empat jenis kanker berbeda.

Nuttall yang memiliki seorang anak perempuan berusia dua tahun bernama Penelope ini diketahui kali pertama didiagnosis dengan kanker ovarium. Saat itu, ia tengah memeriksakan kandungannya.

"Awalnya dokter menduga ia punya kista, namun sekitar 4 bulan kemudian dokter menemukan ada kanker," tutur ibu Nuttall, Helen, seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (21/6/2016).

Baca juga: Studi: Sering Kerja Lembur, Wanita Berisiko Tinggi Kena Kanker

Nuttall yang sehari-hari bekerja sebagai perawat gigi ini pun langsung disarankan untuk menjalani terapi kanker berupa kemoterapi. Namun dia bersikeras untuk tidak melakukannya demi sang janin. Sampai akhirnya kehamilan Nuttall memasuki usia 36 minggu, ia pun menjalani operasi caesar sekaligus operasi pengangkatan tumor.

Berbahagia sejenak, enam pekan kemudian saat ia diminta cek kembali ke rumah sakit pasca operasi, ibu satu orang anak ini justru diberitahu bahwa dirinya memiliki kanker serviks.

Ia pun harus menjalani serangkaian kemoterapi dan radioterapi guna mengatasi kanker serviksnya. Saat kondisinya memulih, ia justru malah mengeluh sering sakit kepala. Kembali ke rumah sakit, hasil pemeriksaan menyebutkan bahwa dirinya memiliki kanker otak stadium empat dan kanker paru-paru. Ya, dokter menemukan tumor otak seukuran melon di bagian kepalanya.

"Saat kali pertama ia bilang ia punya kanker, saya sudah benar-benar terkejut. Namun ketika ia melakukannya sampai beberapa kali, sampai yang terakhir ia bilang punya kanker otak, hati saya terasa hancur," ujar Helen.

Di mata keluarga dan teman-temannya, Nuttall merupakan anak yang sangat baik dan penyayang. Kini keluarganya tengah mengumpulkan dana untuk bisa membawa Nuttall berobat ke Amerika Serikat.

Baca juga: Alami Sembelit Hampir Setahun, Ternyata Ada Tumor di Anus Pria India Ini

(ajg/vit)