Kamis, 23 Jun 2016 08:01 WIB

Hendak Bawa Hewan Peliharaan Masuk ke Rumah? Ini Pesan Dokter

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Getty Images/Apollo Peak Foto: Getty Images/Apollo Peak
Jakarta - Memelihara hewan di rumah misalnya kucing atau anjing, diketahui dapat mengurangi stres yang dialami pemiliknya. Namun, bagaimana dengan risiko penularan penyakit yang dibawa oleh hewan itu?

Menurut drh Olan Sebastian, MM, anggota Ikatan Alumni Kedokteran Hewan IPB, hewan peliharaan yang boleh dimasukkan ke dalam rumah hanya golongan pet animal yaitu anjing dan kucing. Namun selain memperhatikan golongan hewan yang akan dipelihara, ada pula hal lain yang harus diperhatikan.

"Kalau mau masukin pet animal ke dalam rumah atau dibawa ke atas tempat tidur maka harus dilihat dulu apakah sudah divaksin atau belum, jika sudah dijamin bebas dari penyakit apapun hewan boleh dimasukkan ke dalam rumah," ujar drh Olan saat berbincang dengan detikhealth.

Baca juga: Pelihara Hewan-hewan Ini di Rumah? Waspada Tertular Penyakit Berbahaya

Menurut drh Olan, memang ada beberapa penyakit hewan yang dapat menular ke manusia seperti rabies dan toxoplasma dan kasusunya pun sering terjadi di masyarakat.

drh Olan menambahkan, pada kasus rabies penularan virus dapat terjadi jika seseorang terkena air liur hewan tersebut. Sedangkan untuk toxoplasma, bakteri tersebut dapat terbang dan penularannya melalui udara.

Ia memperingatkan kepada wanita yang sedang hamil untuk tidak mempunyai hewan peliharaan karena berisiko tertular penyakit, "Jika wanita hamil terinfeksi toxoplasma maka janin dapat mati atau tidak berkembang," tutup drh Olan.

Baca juga: Anak yang Punya Peliharaan Kucing dan Anjing Hidup Lebih Sehat

(vit/vit)