Selasa, 28 Jun 2016 15:35 WIB

Sudah Gosok Gigi di Malam Hari Lalu Makan Buah, Perlukah Menyikat Gigi Lagi?

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Ilustrasi makan buah (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Menyikat gigi sebelum tidur penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Namun, jika setelahnya masih makan buah, perlukah menyikat gigi lagi?

Menurut Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD dari RS Pondok Indah, buah memiliki bermacam-macam tipe, ada buah yang sifatnya dapat membersihkan gigi dan ada buah yang dapat menempel di gigi.

"Buah yang dapat membersihkan gigi contohnya apel, pir. Sedangkan buah yang dapat menempel dan menyebabkan bakteri berkembang adalah buah manis yang mengandung glukosa tinggi contohnya seperti mangga," tutur Prof Heriandi kepada detikHealth.

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Anda Terbiasa Langsung Menyikat Gigi Setelah Makan

Prof Heriandi mengingatkan, hal terpenting adalah rajin kumur-kumur setelah mengkonsumsi makanan berat dan makanan ringan karena dengan kumur-kumur sisa makanan yang menempel pada gigi akan ikut terbuang.

"Namun jika setelah sikat gigi malam ada mengonsumsi makanan atau minuman bisa lakukan kumur-kumur," ujarnya.

Selain mengatakan kumur-kumur sebagai hal yang penting, Prof Heriandi juga mengingatkan sikat gigi yang baik dilakukan dua kali yaitu pagi setelah sarapan agar sisa makanan sarapan di gigi berkurang. Kemudian, di malam hari sebelum tidur karena malam menjadi waktu terbaik untuk bakteri berkembang biak.

Baca juga: Ini yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Makan

(rdn/vit)