Selasa, 28 Jun 2016 17:35 WIB

Begini Caranya Agar Tidak Tersiksa Gigi Sensitif

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Adanya gangguan pada gigi seperti gigi sensitif sangatlah menyiksa bagi beberapa orang. Namun gigi sensitif dapat diatasi dengan berbagai cara. Seperti apa?

"Untuk pencegahan gigi sensitif, sebaiknya hindari makanan yang manis dan asam apalagi yang diminum, dalam menyikat gigi hindari menyikat terlalu kuat dan keras, dan kalau gigi berlubang harus segera ditambal," tutur Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD dari RS Pondok Indah.

Prof Heriandi juga mengatakan bahwa yang paling penting dalam melakukan pencegahan gigi sensitif adalah kumur-kumur setelah mengonsumsi makanan berat maupun ringan untuk menghindari infeksi bakteri.

Baca juga: Perawatan yang Tepat untuk Gigi Sensitif

"Dalam penyembuhan gigi sensitif dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan perawatan diri sendiri dan dengan perawatan dokter. Perawatan diri sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluor tinggi. Untuk mencapai hasil yang maksimal, pasta gigi harus digunakan dengan cara yang tepat," jelas Prof Heriandi.

"Pertama sikat gigi dengan bersih, lalu kumur-kumur, setelah itu sikat gigi kembali dengan pelan-pelan seluruh permukaan, dan yang terakhir kumur-kumur namun jangan terlalu bersih untuk membiarkan fluor yang tersisa bereaksi dan mengurangi sensitivitas gigi," sambung Prof Heriandi.

Sedangkan untuk perawatan dokter, pemberian obat yang mengandung fluor tinggi seperti topikal aplikasi yang mengandung fluor digunakan pada seluruh permukaan gigi. Setelah itu tidak dianjurkan untuk makan dan minum kembali.

Baca juga: Bisakah Gigi Sensitif Diatasi dengan Pasta Gigi Khusus? (vit/vit)